Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Strategis, Pelabuhan KEK Maloy Tunggu Izin Operasional

Pelabuhan KEK Maloy di Kaltim masih menunggu izin operasional kendati pelabuhan termasuk trestel dan dermaga sudah selesai.
Ilustrasi Pelabuhan Maloy. Dok. Istimewa
Ilustrasi Pelabuhan Maloy. Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pelabuhan KEK Maloy di Kaltim, yang diestimasikan rampung pada akhir tahun ini, masih menunggu izin operasional.

Direktur Kepelabuhanan Subagiyo Kemenhub mengatakan pelabuhan KEK Maloy sudah dilaksanakan uji coba sandar kapal. Dia melanjutkan saat ini fasilitas pelabuhan termasuk trestel dan dermaga sudah selesai.

"Untuk saat ini masih menunggu izin operasional dan pekerjaan sisi darat dikerjakan Pemerintah Daerah," ujarnya, Sabtu (14/11/2020).

Pelabuhan KEK Maloy merupakan salah satu proyek PSN pelabuhan yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, di kabupaten/kota Kutai Timur. Pelabuhan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 5 Ha.

Pelabuhan ini memiliki nilai investasi sebesar Rp23 miliar yang dipenuhi melalui APBN.

Sebelumnya Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyampaikan sebanyak dua proyek Strategis Nasional yang diusulkan oleh Kementerian Perhubungan akan selesai pada 2020.

Sekretaris Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan Bastary Pandji Indra mengatakan dalam daftar PSN yang sedang diusulkan terdapat 18 PSN infrastruktur yang dikerjakan oleh Kemenhub. Dia memerinci diantaranya sebanyak 6 Pelabuhan, 4 Bandar Udara, dan 8 Kereta api.

Berdasarkan 18 proyek itu, satu proyek berstatus beroperasi sebagian, sedangkan yang masuk dalam tahap konstruksi sebanyak 8 Proyek, sisanya masih dalam penyiapan proyek sebanyak 9 proyek.

“Dari usulan itu, 2 Proyek yang diperkirakan selesai pada 2020, yaitu kereta api Tebing Tinggi - Kuala Tanjung dan Pelabuhan KEK Maloy,” ujarnya.

Sementara itu, pada tahun depan, 2021, Bastary menyebutkan terdapat 2 proyek yang diperkirakan akan selesai, Kereta Api Rantau Prapat - Duri - Pekanbaru dan KA Akses Bandar Udara Yogyakarta-Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper