Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyek Strategis, Pelabuhan KEK Maloy Tunggu Izin Operasional

Pelabuhan KEK Maloy di Kaltim masih menunggu izin operasional kendati pelabuhan termasuk trestel dan dermaga sudah selesai.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 November 2020  |  17:52 WIB
Ilustrasi Pelabuhan Maloy. Dok. Istimewa
Ilustrasi Pelabuhan Maloy. Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pelabuhan KEK Maloy di Kaltim, yang diestimasikan rampung pada akhir tahun ini, masih menunggu izin operasional.

Direktur Kepelabuhanan Subagiyo Kemenhub mengatakan pelabuhan KEK Maloy sudah dilaksanakan uji coba sandar kapal. Dia melanjutkan saat ini fasilitas pelabuhan termasuk trestel dan dermaga sudah selesai.

"Untuk saat ini masih menunggu izin operasional dan pekerjaan sisi darat dikerjakan Pemerintah Daerah," ujarnya, Sabtu (14/11/2020).

Pelabuhan KEK Maloy merupakan salah satu proyek PSN pelabuhan yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, di kabupaten/kota Kutai Timur. Pelabuhan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 5 Ha.

Pelabuhan ini memiliki nilai investasi sebesar Rp23 miliar yang dipenuhi melalui APBN.

Sebelumnya Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyampaikan sebanyak dua proyek Strategis Nasional yang diusulkan oleh Kementerian Perhubungan akan selesai pada 2020.

Sekretaris Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan Bastary Pandji Indra mengatakan dalam daftar PSN yang sedang diusulkan terdapat 18 PSN infrastruktur yang dikerjakan oleh Kemenhub. Dia memerinci diantaranya sebanyak 6 Pelabuhan, 4 Bandar Udara, dan 8 Kereta api.

Berdasarkan 18 proyek itu, satu proyek berstatus beroperasi sebagian, sedangkan yang masuk dalam tahap konstruksi sebanyak 8 Proyek, sisanya masih dalam penyiapan proyek sebanyak 9 proyek.

“Dari usulan itu, 2 Proyek yang diperkirakan selesai pada 2020, yaitu kereta api Tebing Tinggi - Kuala Tanjung dan Pelabuhan KEK Maloy,” ujarnya.

Sementara itu, pada tahun depan, 2021, Bastary menyebutkan terdapat 2 proyek yang diperkirakan akan selesai, Kereta Api Rantau Prapat - Duri - Pekanbaru dan KA Akses Bandar Udara Yogyakarta-Kulonprogo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan kek
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top