Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Dampak Lingkungan, Ini 4 Strategi Pembangunan Jalan Tol

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menyebutkan ada 4 strategi untuk mengurangi dampak lingkungan dalam pembangunan jalan tol.
Jalan Tol Pondok Aren-Serpong di Banten./ NusantaraInfrastructure.com
Jalan Tol Pondok Aren-Serpong di Banten./ NusantaraInfrastructure.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dampak lingkungan turut menjadi perhatian perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur jalan tol. Guna mengurangi dampak tersebut, ada 4 strategi yang dijalankan.

Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Subakti Syukur menjelaskan 4 strategi tersebut akan mewujudkan infrastruktur jalan tol yang andal serta berkualitas.

"Dengan strategi ini pembangunan infrastruktur jalan tol akan menjadi andal, berkualitas serta berkelanjutan. Sehingga akan memberikan dampak nyata bagi perekonomian Indonesia," ujarnya dalam webinar Penerapan Aspek Sosial dan Lingkungan dalam Pembangunan Jalan Tol: Studi Kasus oleh Indonesia Infrastructure Finance bekerjasama dengan Bisnis Indonesia, Jumat (13/11/2020).

Strategi tersebut pertama mewujudkan fungsi ruang untuk mencegah dampak negatif kepada lingkungan sekitar. Fungsi ruang dimaksud yaitu dalam penentuan trase proyek tol tidak melewati wilayah sensitif.

Misalnya kawasan hutan lindung, wilayah konservasi, area padat penduduk, area bidang terjal, lahan produktif masyarakat, hingga pemukiman masyarakat adat.

Strategi kedua, melibatkan masyarakat. Badan usaha jalan tol harus melaksanakan konsultasi, menyebarkan informasi dampak proyek guna menampung aspirasi, sebagai pertimbangan dalam pembangunan jaringan tol yang akan dikembangkan.

Strategi ketiga, penyusunan detail engineering design yang mempertimbangkan kajian lingkungan, serta sesuai amdal yang telah dilaksanakan.

Terakhir, strategi keempat yaitu menjalankan program kemitraan berupa pemberian modal kerja, pendanaan, pelatihan, serta berbagai bentuk bantuan lainnya kepada masyarakat sekitar.

Selanjutnya perlu juga menjalankan program kemitraan bina lingkungan (PKBL), bantuan sarana umum seperti pendidikan, kesehatan, ibadah, kelestarian lingkungan, dan memberikan bantuan saat terjadi bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper