Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perkiraan Tarif Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1

PT Cimanggis Cibitung Tollways sebagai badan usaha proyek jalan tol ini adalah sebuah perusahaan patungan PT Waskita Tollroad, PT Bakrie Toll Indonesia, dan PT Bakrie & Brothers Tbk.
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi/Jasamarga
Gerbang Tol Cimanggis 2, ruas tol Jagorawi/Jasamarga

Bisnis.com, JAKARTA — PT Cimanggis Cibitung Tollways mulai mengoperasikan ruas tol Cimanggis—Cibitung Seksi 1. Selama masa sosialisasi pengguna tol bisa melintasi ruas yang masuk tol Jakarta Outer Ring Road II itu tanpa tarif alias gratis.

Direktur Utama PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) Thory Hendrarto mengatakan bahwa nantinya perseroan akan menerapkan tarif setelah selesai masa sosialisasi.

"Untuk penerapan tarif nantinya akan bergantung sesuai panjang kilometer yang dibuka. Mungkin kurang lebih Rp5.500 nantinya kalau sudah bertarif," ujarnya kepada wartawan usai pembukaan tol Cimanggis—Cibitung Seksi 1, Selasa (10/11/2020).

Thory juga menjelaskan bahwa seluruh sistem pembayaran di tol CCT sudah menggunakan sistem elektronik dan memakai kartu uang elektronik.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan bahwa Seksi 1 tol Cimanggis—Cibitung yang mulai dibuka dan disosialisasikan ke masyarakat ini memiliki panjang sekitar 2,8 kilometer.

Ruas Seksi 1 ini merupakan bagian dari jalan tol dengan panjang total mencapai 26,2 kilometer, sedangkan seksi 2 sepanjang 23,4 kilometer masih dalam tahap pembagunan dan ditargetkan selesai tahun depan.

"Tol Cimanggis—Cibitung ini mulai dioperasikan secara gratis dan melihat dinamika masyarakat kami berikan waktu sosialisasi 2 pekan. Kalau nanti enggak ada hambatan signifikan, akan kami tarifkan," ujarnya.

Penetapan tarif ini, menurut Danang, diperlukan oleh badan usaha sebagai pendapatan perusahaan sehingga bisa menyelesaikan pembangunan tol di Seksi 2.

Jalan tol Cimanggis-Cibitung dibangun dengan investasi Rp10,6 triliun. PT Cimanggis Cibitung Tollways sebagai badan usaha proyek jalan tol ini adalah sebuah perusahaan patungan antara PT Waskita Tollroad, PT Bakrie Toll Indonesia, dan PT Bakrie & Brothers Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper