Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Pemulihan Pariwisata, Anggota Asean Sepekati Deklarasi Digital Tourism

Airlangga mengatakan deklarasi digital tourism yang disepakati dalam pertemuan Asean Economic Community Council (AECC) itu merupakan inisiatif para menteri pariwisata negara anggota Asean yang menekankan pada pentingnya masa depan Asean dalam penggunaaan teknologi yang maju.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 10 November 2020  |  20:13 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan saat acara peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7 - 2020). Bisnis
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan saat acara peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7 - 2020). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa negara-negara ASean menyepakati deklarasi terkait dengan digital tourism dalam pertemuan Asean Economic Community Council (AECC) yang digelar secara virtual pada Selasa (10/11/2020).

Airlangga mengatakan deklarasi tersebut merupakan inisiatif para menteri pariwisata negara anggota Asean yang menekankan pada pentingnya masa depan Asean dalam penggunaaan teknologi yang maju.

"Adapun tujuannya mempromosikan kerja sama antar Asean untuk menidentifikasikan peluang pariwisata dan kesenjangan transformasi digital untuk mendorong inovasi teknologi seperti new digital transform, digital database, digital value chain connection," katanya.

Lebih lanjut, kata Airlangga, deklarasi tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk memfasilitasi pembangunan infrastruktur, kebijakan pariwisata, dan mengurangi hambatan penggunaan digital untuk UMKM.

"Selanjutnya meningkatkan kapasitas SDM untuk upskilling dan re-skilling tenaga kerja pariwisata dengan menggunakan teknologi digital dan inovasi," jelasnya.

Dia menambahkan, kerja sama ini juga akan mendorong dan mengembangkan penelitian untuk mendukung adaptasi teknologi dan inovasi melalui kerja sama teknologi inovatif.

Hal ini pun dinilai akan menarik investasi untuk pengimplementasian teknologi digital, pengembangan produk, promosi pariwisata, hingga keamanan pariwisata dan kualitas destinasi.

"Kemudian juga memberi solusi digital untuk keamanan dan kelancaran perjalan di Asia tenggara, baik di masa pandemi dan setelahnya," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata umkm asean airlangga hartarto
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top