Angkasa Pura I Dukung Perluasan Peluang Investasi di Bandara

Angkasa Pura I mendukung peningkatan ekosistem investasi dan perluasan peluang investasi di sektor kebandarudaraan
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Foto: Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) mendukung peningkatan ekosistem investasi dan perluasan peluang investasi di sektor kebandarudaraan melalui berbagai instrumen atau mekanisme investasi.

Hal tersebut sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengoptimalkan nilai aset dan menciptakan ekosistem investasi yang sehat.

Adapun berbagai upaya perluasan peluang investasi di sektor kebandarudaraan yaitu dengan membuka peluang menjadi mitra strategis pengelolaan dan pengembangan Bandara Lombok Praya, kerja sama dengan mitra global untuk menangkap peluang ekspansi pengelolaan bandara di dalam dan luar negeri, dan penerbitan obligasi untuk pengembangan bandara.

"Angkasa Pura I mendukung langkah Pemerintah untuk membuka peluang investasi dan pengelolaan bandara kepada semua pihak, baik swasta dalam negeri maupun luar negeri, yang berguna untuk memperkuat jaringan bisnis penerbangan Indonesia.  Salah satunya dengan membuka peluang menjadi mitra strategis dan pengembangan Bandara Lombok Praya," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Angkasa Pura I, lanjutnya, membuka seleksi mitra strategis pengembangan dan pengelolaan Bandara Internasional Lombok yang melingkupi penyediaan dan pengoperasian dengan bentuk B-O-T (Build-Operate-Transfer) dan B-O-O-T (Build-Own-Operate-Transfer) untuk Airport City. Adapun perkiraan nilai proyek ini adalah sebesar Rp10,3 triliun dengan pengembalian investasi kerja sama dilaksanakan melalui mekanisme pembayaran oleh pengguna jasa dalam bentuk tarif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
 
Kerja sama strategis pengembangan dan pengelolaan merupakan upaya Angkasa Pura I untuk menjadikan Bandara Internasional Lombok menuju kelas dunia melalui peningkatan fasilitas dan kualitas layanan serta mengembangkan konsep airport city yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari bisnis nonaeronautika.

Pada tahap aanwijzing awal Oktober 2020 lalu, terdapat 26 perusahaan yang telah lolos proses prakualifikasi dan mengikuti tahapan proses aanwijzing, yaitu: Royal Schiphol, Incheon Airport, Changi Airport, GMR Airport, Malaysia Airport BHD, Munich Airport, Vinci Airport, Fraport, Egis International, Titan Global Group, China Construction, Bechtel Enterprise, Scott Brownrigg, Lotte E&C, CU Phosco, Serco, Itochu Corporation, DAA International, AENA Internacional, AERTEC Solutions, ADP International, Toyota Tsusho, Mitsubishi, ASTRA Infra, Adhi Karya, dan Waskita Karya.

Selain membuka peluang menjadi mitra strategis pengelolaan dan pengembangan Bandara Lombok Praya, Angkasa Pura I juga bekerja sama dengan mitra global Incheon International Airport Corporation (IIAC) untuk memperluas peluang ekspansi pengelolaan bandara, baik di dalam negeri dan di luar negeri.

Pada Januari 2020, Angkasa Pura I resmi menggandeng IIAC dan Wijaya Karya dalam satu konsorsium untuk berpartisipasi pada seleksi pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam. Bersama IIAC pula, Angkasa Pura I turut serta dalam seleksi pengelolaan Terminal 2 Bandara Internasional Kuwait dan Bandara Internasional Jeddah Arab Saudi.

Sebelumnya, pada akhir 2016, Angkasa Pura I juga telah membuka peluang berinvestasi di sektor kebandarudaraan bagi investor lembaga dan publik secara umum melalui penerbitan obligasi I Angkasa Pura I sebesar Rp2,5 triliun dan sukuk ijarah I sebesar Rp500 miliar untuk mendukung pengembangan bandara yang dikelola perusahaan.

Hal ini menunjukkan bahwa Angkasa Pura I senantiasa berupaya meningkatkan nilai aset dan mengoptimalkan ekosistem investasi serta menunjukkan kemandirian finansial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper