Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Setahun Ini, Bagaimana Kualitas Bandara di Indonesia?

Hingga 2020, Angkasa Pura I tercatat telah mengelola 15 bandara secara komersial di tengah dan timur Indonesia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  14:49 WIB
PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan social distancing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar. - Dok. Istimewa
PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan social distancing di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat telah menerima sebanyak 9 penghargaan prestisius Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airports Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada. 

Direktur Utama API Faik Fahmi menyampaikan 9 penghargaan tersebut diberikan kepada 3 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I.

Adapun, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan meraih 4 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik penumpang 5-15 juta penumpang per tahun sebagai Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment & Ambience by Size, Best Customer Service, serta Best Infrastructure & Facilitation.

Selanjutnya Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali  meraih 3 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 15-25 juta penumpang per tahun yakni Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation.

“Selain itu juga Bandara Sultan Hasanuddin Makassar meraih 2 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun dengan Best Airport by Size dan Best Infrastructure & Facilitation,” jelasnya melalui siaran pers, Jumat (30/10/2020).

Hingga 2020, Angkasa Pura I tercatat telah mengelola 15 bandara secara komersial di tengah dan timur Indonesia.

Pengelolaan itu juga termasuk konektivitas dan fasilitas pendukung pariwisata melalui penyediaan fasilitas pendukung, seperti public restroom di destinasi pariwisata (Pantai Lasiana Kupang, Pantai Pulisan Minahasa Utara, Pantai Pinus Pengger Yogyakarta, Taman Satwa Taru Jurug Surakarta, Pura Besakih Bali, Taman Bantimurung Maros).

Selama 2019-2020 dua bandara Angkasa Pura I telah dikembangkan, yaitu Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada 18 Desember 2019 dan Bandara Internasional Yogyakarta pada 28 Agustus 2020.  

Saat ini AP I tengah berekspansi bisnis melalui kerja sama dengan Incheon International Airport Corporation (IIAC) untuk membangun konsorsium terkait Seleksi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Hang Nadim Batam serta kerja Safe Corridor Initiative (SCI) Incheon - Denpasar.

Selain dengan IIAC, Angkasa Pura I juga melakukan kerja sama dengan PT Gudang Garam Tbk. terkait rencana kerja sama pengusahaan Bandara Dhoho Kediri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top