Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Upah Minimum 2021 Tak Naik, Buruh Ancam Mogok Kerja Lagi

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan keputusan Menaker tersebut hanya akan membuat gelombang protes dari buruh kian mengeras.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  17:29 WIB
Massa dari KSPI berunjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10/2020). Aksi tersebut untuk menolak disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja. - Antara
Massa dari KSPI berunjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10/2020). Aksi tersebut untuk menolak disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Serikat buruh telah menyampaikan penolakan terhadap surat edaran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang memutuskan tidak akan kenaikan upah minimum 2021.

Bahkan, buruh mengancam akan ada mogok kerja nasional bila keputusan ini tetap diberlakukan.

"Mogok kerja nasional yang jauh lebih berat dari mogok kerja kemarin," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, dikutip dari Tempo.co, Jumat (30/10/2020).

Iqbal pun mengatakan keputusan Menaker tersebut hanya akan membuat gelombang protes dari buruh kian mengeras. Terkait hal ini, ia memastikan para buruh akan turun ke jalan secara besar-besaran pada 2 November 2020.

Tak hanya demo, mereka juga akan mengajukan gugatan uji materi atau judicial review atas UU Cipta Kerja ke Mahkamah Konstirusi (MK).

Ia pun mempertanyakan kembali dasar dari Menaker untuk tidak menaikkan upah minimum 2021. Pasalnya, rapat pleno terakhir oleh Dewan Pengupahan Nasional baru sebatas menghimpun rekomendasi dan belum ada keputusan bersama.

Sebelumnya, keputusan tidak menaikkan upah ini diputuskan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam surat edaran pada 27 Oktober 2020. 

"Mempertimbangkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa pandemi Covid-19 dan perlunya pemulihan ekonomi nasional," kata Ida. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kspi upah minimum mogok kerja

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top