Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

JNE: Harbolnas Jadi 'Peak Season' Bisnis Jasa Kurir

JNE menilai harbolnas merupakan salah satu momen yang bisa menjadi "peak season" bagi perusahaan jasa kurir nasional selain Idulfitri, Natal, dan Tahun Baru.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  18:59 WIB
Pelanggan menggunakan aplikasi LinkAja di salah satu outlet JNE di Jakarta, Senin (10/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Pelanggan menggunakan aplikasi LinkAja di salah satu outlet JNE di Jakarta, Senin (10/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menyebut terjadinya kenaikan jumlah pengiriman paket selama hari belanja nasional (Harbolnas) yang memang sudah menjadi musim puncak langganan setiap tahunnya. Kenaikan pengirimannya pun sebesar 30 persen.

Vice President of Marketing JNE Eri Palgunadi menuturkan pada momen musim puncak, jumlah pengiriman JNE meningkat lebih dari 30 persen, dan Harbolnas telah menjadi salah satu momen yang biasanya disebut “peak season” bagi JNE. Dengan demikian, peak season itu bukan hanya Ramadhan – Idul Fitri dan Natal – Tahun Baru saja, tapi termasuk Harbolnas dan Hari Bebas Ongkir (Harbokir).

Dia juga menyebut pandemi Covid-19 tidak terlalu berdampak terhadap kinerjanya karena selama ini mengedepankan dua langkah utama untuk pengembangan bisnisnya.

"Secara internal, JNE terus meningkatkan kapabilitas perusahaan dengan pengembangan di sektor-sektor penting seperti IT, infrastruktur maupun jaringan, dan SDM," jelasnya kepada Bisnis.com, Rabu (14/10/2020).

Hal ini memungkinkan inovasi-inovasi dilakukan, baik dalam produk layanan mau pun fasilitas, untuk menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan pengiriman masyarakat yang berkembang seiring dengan perkembangan era digital, baik untuk kepentingan pribadi hingga kepentingan bisnis.

Secara eksternal, JNE terus mendukung kemajuan ekosistem, terutama ekosistem e-commerce karena perusahaan memegang peranan penting sebagai salah satu pilar di dalamnya yaitu logistik.

"Dukungan maksimal diberikan UKM karena jumlah kiriman JNE didominasi oleh retail customer yang di dalamnya banyak pelaku UKM. Oleh karena itu, produk layanan atau fasilitas untuk memudahkan jual-beli online terus ditingkatkan," paparnya.

Sejumlah inovasi pun dilakukan seperti halnya JNE menyediakan Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara), COD, digital payment, Friendly Logistic, dan sebagainya. Begitu juga dalam program atau kegiatan, dilaksanakan untuk mendorong jual-beli online, seperti diskon ongkir, cashback, dan yang lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top