Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BPJamsostek Pungut JKP. Wah, Gaji Pekerja Dipotong Lagi untuk Pesangon?

Dalam RUU Cipta Kerja, BPJS Ketenagakerjaan ditetapkan sebagai penyelenggara program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan kematian, program jaminan pensiun, program jaminan hari tua, dan program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  14:35 WIB
BPJamsostek Pungut JKP. Wah, Gaji Pekerja Dipotong Lagi untuk Pesangon?
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan alias BPJamsostek akan segera resmi menjadi pengelola Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Hal tersebut terungkap dalam salinan RUU Cipta Kerja yang akan segera disahkan.

BPJS Ketenagakerjaan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan kematian, program jaminan pensiun, program jaminan hari tua, dan program jaminan kehilangan pekerjaan.

"Jaminan kehilangan pekerjaan diselenggarakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan dan Pemerintah," seperti yang tertulis dalam pasal 46 A.

Nantinya, JKP akan diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial. Dalam pasal 46 C dinyatakan peserta JKP adalah setiap orang yang telah membayar iuran.

Manfaat JKP disalurkan dalam bentuk uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja. Sumber pendanaan jaminan kehilangan pekerjaan berasal dari modal awal pemerintah; rekomposisi iuran program jaminan sosial; dan/atau dana operasional BPJS Ketenagakerjaan.

Sayangnya, draf RUU Cipta Kerja ini belum membahas secara detil terkait dengan besaran JKP serta kepastian apakah JKP akan mengurangi porsi program yang lain dalam BPJamsostek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs ketenagakerjaan cipta kerja Jaminan Kehilangan Pekerjaan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top