Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasang PLTS Atap Rumah, Ini Dukungan PLN

PLN mencatat hingga April 2020, jumlah pelanggan di Jakarta yang menggunakan PLTS atap telah mencapai 659 pelanggan.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  11:25 WIB
Potensi PLTS atap di Jabodetabek dan Surabya. - Sumber: IESR
Potensi PLTS atap di Jabodetabek dan Surabya. - Sumber: IESR

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah pelanggan PT PLN (Persero) pengguna PLTS atap di DKI Jakarta tumbuh cukup signifikan dibandingkan dengan akhir tahun lalu.

PLN mencatat hingga April 2020, jumlah pelanggan di Jakarta yang menggunakan PLTS atap telah mencapai 659 pelanggan. Akhir tahun lalu, pelanggan PLN pengguna PLTS atap tercatat mencapai 562 dengan kapasitas terpasang sebesar 1,8 megawatt.

"Dari akhir tahun lalu, sudah tumbuh 17 persen dengan total 659 pelanggan. Dayanya 11,4 MVA dengan kapasitas terpasangnya 2,5 megawatt," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan dalam webinar, Minggu (4/10/2020).

Meski pemanfaatan PLTS atap berpotensi mengurangi penjualan listrik PLN, perseroan berkomitmen mendukung pengembangan energi terbarukan tersebut guna mewujudkan pencapaian target bauran energi baru terbarukan (EBT) 23 persen pada 2025.

Beberapa dukungan pemanfaatan PLTS atap yang diberikan perseroan, antara lain dengan menyediakan fasilitas pararel dengan grid, serta membuat sistem billing untuk mengakomodasi ekspor impor offset dan memberi credit deposit dari konsumen PLTS.

"Sudah banyak pelanggan, sekitar 90 persen, mereka sudah dipasang meter ekspor impor, sedangkan masih ada juga yang dia stand alone dengan grid," kata Doddy.

"Kami juga sudah buat sistem billing untuk mengakomodasi ekspor impor offset. Modelnya berapa dia beli dari PLN, berapa dia jual ke PLN, kemudian di-offset dengan perbandingan 1:0,65."

Selain itu, PLN juga menyediakan reserve margin yang cukup dan tepat untuk mengimbangi intermitensi PLTS.

Dukungan lainnya, perseroan tetap menjaga reliabilitas dan kualitas konsumen PLTS atap dan lingkungannya dengan memelihara keseimbangan pasokal local dan permintaan, serta menjalankan skema bisnis yang adil untuk pelanggan dan PLN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top