Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Usianya Sudah 75 Tahun, KAI Fokus Digitalisasi dan KA Bandara

KAI berfokus pada digitalisasi pembayaran dan pembangunan KA bandara di wilayah Indonesia dalam setahun terakhir pada usianya yang kini sudah 75 tahun.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 September 2020  |  16:19 WIB
Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia. ANTARA
Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengklaim telah melakukan sejumlah pencapaian digitalisasi pembayaran dan pembangunan kereta bandara di wilayah Indonesia lainnya di usia yang sudah 75 tahun.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan selama setahun terakhir terdapat sejumlah milestone untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan KAI. Pada 29 Desember 2019, KA Bandara Adi Soemarmo Surakarta mulai beroperasi.

“KA Bandara Adi Sumarmo melengkapi daftar kereta api dengan relasi bandara yang sebelumnya sudah tersedia di Kualanamu, Jakarta, Padang, Palembang, dan Yogyakarta,”j elasnya Senin (28/9/2020).

KAI juga secara terbuka berkolaborasi dengan instansi-instansi lain untuk peningkatan pelayanan perusahaan. Kerja sama dengan Bank Mandiri dilakukan di bidang peningkatan kualitas SDM dan integrasi pembayaran digital.

Adapun sinergi dengan Pemprov dan BUMD, KAI laksanakan untuk penataan, pengembangan, dan stasiun terpadu di wilayah Jabodetabek. KAI juga bekerja sama dengan pihak BUMN dan swasta untuk menggelar rapid test dengan harga murah di stasiun-stasiun, serta sinergi-sinergi lainnya.

BUMN Kereta Api tersebut telah menggandeng PT Bank Mandiri Tbk. (persero) supaya pembelian tiket kereta api di aplikasi KAI Access menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Pembayaran dengan metode QRIS di KAI Access akan memudahkan penumpang melakukan pembayaran karena kode QRIS tersebut dapat digunakan di seluruh aplikasi dompet digital yang ada saat ini.

Selain kemudahan pembayaran, Bank Mandiri dan KAI juga berkolaborasi menyediakan kartu Commuterpay.

Sementara itu, dalam menghadapi wabah Covid-19, KAI melakukan berbagai langkah agar pelanggan dan pegawai KAI terhindar dari paparan virus tersebut. Sosialisasi terus KAI lakukan dengan gencar di seluruh stasiun di Indonesia. KAI juga secara disiplin menerapkan protokol kesehatan mengacu kepada pemerintah seperti pemeriksaan suhu badan, wajib pakai masker, penyediaan fasilitas cuci tangan, dan pembatasan kapasitas penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top