Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKI Sebut Belum Ada Kontraktor Asing Hengkang dari Indonesia

Hingga 3 Juli 2020, jumlah badan usaha jasa konstruksi di Indonesia tercatat 677.999 unit usaha.
Proyek pembangunan gedung di Jakarta./Bisnis
Proyek pembangunan gedung di Jakarta./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 sejak Maret lalu memberi dampak negatif bagi perusahaan kontraktor bidang konstruksi di Tanah Air baik kontraktor lokal maupun dari luar negeri. Namun, efeknya tidak sampai memicu kontraktor asing meninggalkan Indonesia.

Sekretaris Jenderal Asosasi Kontraktor Indonesia Joseph Pangalila menjelaskan bahwa memang ada banyak jumlah kontraktor asing yang menggarap proyek konstruksi nasional.

"Saya enggak ingat persis jumlahnya, perlu nanya sekretariat dulu, tetapi memang ada lumayan banyak anggota kontraktor asing di AKI," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (22/9/2020).

Joseph menyebut bahwa saat ini masih banyak kontraktor asing yang memiliki proyek pada masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, seluruh pekerjaan yang dilanjutkan itu tentu saja mengikuti syarat yaitu pelaksanaan protokol kesehatan selama bekerja.

Dia juga mengeklaim bahwa sampai saat ini masih belum ada kontraktor asing yang hengkang atau keluar dari Indonesia, akibat dampak pandemi ini.

"Kontraktor asing yang punya pekerjaan, di lapangannya ya mengikuti protokol Covid. Sampai sekarang belum ada [kontraktor asing] yang cabut dari Indonesia," ujarnya.

Data Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sampai 3 Juli 2020 menyebutkan bahwa jumlah badan usaha jasa konstruksi di Indonesia tercatat 677.999 unit usaha.

Jumlah badan usaha nasional tercatat 675.185 unit usaha, kemudian 1.528 laimnya adalah unit usaha orang perseorangan.

Kemudian sebanyak 699 diantaranya berbentuk badan usaha nasional penanaman modal asing, lalu sebanyak 588 unit usaha lainnya berbentuk badan usaha asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper