Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Didesak Kembangkan Industri Cold Chain Nasional

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) berharap pemerintah bisa membantu pengembangan industri cold chain nasional agar bisa bersaing di tingkat global.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 19 September 2020  |  10:41 WIB
Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi.  - Bisnis.com
Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengusulkan sejumlah gagasan pengembangan industri cold chain kepada pemerintah untuk mengantisipasi beberapa tantangan.

Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi menyebutkan dibalik potensi bisnis cold chain juga terdapat berbagai tantangan seperti menyangkut teknologi untuk sistem pengiriman, maupun asuransi penyedia layanan, serta terbatasnya platform e-commerce yang menginformasikan kemampuan cold chain.

Apalagi, kata dia, jumlah kegagalan logistik dalam penyimpanan dan distribusi tetap tinggi yakni masing-masing 10 persen dan 20 persen. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dan kemauan yang kuat dari pemerintah, industri, serta lembaga pendidikan untuk mempromosikan dan meningkatkan keunggulan industri cold chain di Indonesia.

"Sebagai solusi, ALFI juga mengusulan ke pemerintah untuk mengembangkan cold chain yakni; perbaikan sarana dan prasarana untuk menampung hasil pertanian dan perikanan, menyiapkan connected hub and spoke dalam transportasi maupun distribusi untuk menjaga kualitas produk dan efisiensi," kata Yukki dalam siaran pers, Sabtu (19/9/2020).

Selain itu, lanjutnya, dengan menyiapkan platform pendidikan berbasis IT yang lebih kuat, dan adanya regulasi yang mengatur pasar serta industri terhadap pertumbuhan produk pertanian.

Dia menambahkan, pada tataran global, Taiwan telah dikenal sebagai produsen kualitas pertanian dan perikanan yang sukses dengan segudang pengalaman dan teknologi yang handal.

"Kami berharap industri cold chain Indonesia dapat belajar dan mereplikasi kesuksesan tersebut," ujar Yukki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top