Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Beberkan Terobosan Co-firing Biomassa dalam Clean Energy Ministerial Ke-11

Salah satu yang didorong adalah pemanfaatan co-firing biomassa sebagai subtitusi batu bara pada pembangkit listrik.
Listrik biomassa/Istimewa
Listrik biomassa/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia mengupayakan terobosan dalam pemanfaatan biomassa untuk mengurangi penggunaan energi fosil, yakni batu bara yang masih dominan, serta mendorong pencapaian target bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada 2025.

Salah satu yang didorong adalah pemanfaatan co-firing biomassa sebagai subtitusi batu bara pada pembangkit listrik. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Andriah Feby Misna, mewakili Direktur Jenderal EBTKE pada pertemuan internasional 11th Clean Energy Ministerial (CEM11) yang dilakukan secara daring, Rabu (16/9/2020).

"Kami mendorong co-firing biomass pada pembangkit listrik tenaga batu bara dengan harapan bisa memenuhi target tambahan bauran energi sebesar 1-3 persen pada tahun 2025, serta berkomitmen melanjutkan penggunaan B30 dan akan terus megembangkan biodiesel pencampur yang lebih tinggi dalam waktu dekat yakni uji coba B40," ujar Feby, dikutip dari siaran pers, Jumat (18/9/2020).

Dalam skema co-firing ini, lanjut Feby, pengembangan biomassa yang akan dioptimalkan potensi pemanfaatanya adalah pelet biomassa yang bersumber dari segala jenis sampah organik dengan harapan akan meningkatkan kemandirian energi nasional serta mengoptimalkan potensi pembangkit listrik tenaga biomassa yang sampai saat ini baru mencapai kurang dari 1,9 GW dari total potensi sekitar 32 GW.

"Sekitar 114 PLTU sudah melakukan co-firing test dengan menggunakan biomass pellet serta RDF hingga 10 persen, bergantung pada teknologi boiler. Kami berharap pada tahun 2021 kami dapat mulai menerapkan co-firing di PLTU batubara secara berkelanjutan," katanya.

Dalam komitmen dan kajian uji penerapan B30 serta pengembangan B40, Feby menjelaskan campuran biodiesel adalah cara yang efisien untuk mengembangkan solusi yang lebih ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan energi yang sudah diimplementasikan sejak 2016. Pada 2019, realisasi konsumsi biodiesel sebesar 9,6 juta kL. Konsumsi biodiesel pada 2020 diproyeksikan akan turun sebesar 13 persen dari alokasi tahun ini akibat pandemi Covid-19.

"Meskipun terpukul pandemi global, pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk melanjutkan program wajib B30," kata Feby.

Lebih lanjut, pemerintah juga tengah melakukan penyiapan uji coba B40.

PT Pertamina (Persero) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB), dan pemangku kepentingan terkait lain pun mendukung dengan mengembangkan katalisator untuk menghasilkan green-fuel berbasis minyak sawit yang diharapkan siap berproduksi pada 2023.

Pada acara virtual ini juga akan diluncurkan Biofuture Platform Initiative sebagai inisiatif baru dalam CEM. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan ambisi internasional dan memajukan produksi, perdagangan, dan penggunaan bioenergi berkelanjutan secara global melalui analisis, kebijakan, program, maupun proyek.

Biofuture Platform Initiative akan diimplementasikan dalam kemitraan erat dengan sektor swasta. Bioenergi adalah potensi besar sektor energi terbarukan yang merupakan salah satu industri energi paling padat karya. Inisiatif ini sangat penting untuk keberhasilan transisi ke sistem energi rendah karbon dan didorong menjadi inti dari rencana pemulihan perekonomian akibat pukulan pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper