Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terra Drone Survei Topografi Area Tambang KKB di Jambi

Terra Drone Indonesia kembali melakukan pemetaan topografi menggunakan drone untuk kebutuhan eksplorasi tambang milik PT Karya Bumi Baratama (KBB).
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 September 2020  |  13:24 WIB
Drone Bramor ppX dari C-Astral Aerospace. Pesawat nirawak dalam sektor tambang sudah sejak lama digunakan dan kini aplikasinya terus berkembang.  - Terra Drone
Drone Bramor ppX dari C-Astral Aerospace. Pesawat nirawak dalam sektor tambang sudah sejak lama digunakan dan kini aplikasinya terus berkembang. - Terra Drone

Bisnis.com, JAKARTA - Terra Drone Indonesia kembali melakukan pemetaan topografi menggunakan drone untuk kebutuhan eksplorasi tambang milik PT Karya Bumi Baratama (KBB).

PT KBB merupakan perusahaan pertambangan batu bara asing skala besar dengan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) yang berlokasi di Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

"Terra Drone Indonesia menggunakan drone model fixed wing yaitu Bramor ppX dari C-Astral Aerospace, salah satu perusahan grup Terra Drone Corporation di Slovenia, untuk melakukan survei topografi tersebut," kata Michael Wisnu Wardhana Siagian, Managing Director Terra Drone Indonesia, dalam keterangan pers, Rabu (16/9/2020).

Dalam sekali penerbangan drone, menurutnya, seluruh area pekerjaan dapat dipetakan, dengan hasil akhir berupa peta yang memiliki tingkat akurasi sangat tinggi sebagai dasar perencanaan.

Survei topografi dibutuhkan untuk mengidentifikasi kontur tanah yang ada di permukaan bumi. Peta yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat membantu perusahaan memastikan keamanan dan keberlangsungan operasional wilayahnya.

Pada kasus pertambangan, seringkali data topografi berguna untuk kebutuhan perencanaan. Dengan jasa pemetaan topografi menggunakan pesawat nirawak, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya, tanpa perlu membeli drone industri yang mahal dan melatih karyawan menjadi pilot drone dalam waktu yang lama.

Di situasi new-normal seperti sekarang, perusahaan membatasi aktivitas tim dalam jumlah besar di lapangan. Drone menjadi solusi yang tepat karena hanya membutuhkan dua orang saja untuk mengoperasikannya, serta dapat dilakukan secara jarak jauh untuk mengumpulkan data dengan cepat sehingga cocok untuk digunakan di situasi saat ini.

Terra Drone Indonesia berkomitmen untuk terus dapat mendukung industri-industri di Indonesia melalui berbagai solusi dan aplikasi teknologi pesawat nirawak yang mengedepankan keselamatan operasi dan keunggulan ekonomis bagi para pelaku industri.

Pesawat nirawak dalam sektor tambang sudah sejak lama digunakan dan kini aplikasinya terus berkembang. Berbagai keuntungan penggunaan drone di sektor tambang antara lain untuk inventarisasi potensi pertambangan, perencanaan site lokasi pertambangan, mengidentifikasi pertambangan liar, memonitor perubahan, dan rehabilitasi lahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertambangan Drone
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top