Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sri Mulyani Klaim Keyakinan Pasar Mulai Pulih

Perbaikan ini ditandai dengan yield surat berharga negara (SBN) yang terus menurun baik dalam mata uang rupiah maupun valas dan incoming bid cukup tinggi di setiap lelang.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 02 September 2020  |  13:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat tiba di depan Ruang Rapat Paripurna I untuk menghadiri Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat tiba di depan Ruang Rapat Paripurna I untuk menghadiri Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyebut keyakinan pasar domestik berangsur pulih seiring dengan implementasi kebijakan stimulus fiskal dan moneter.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perbaikan ini ditandai dengan yield surat berharga negara (SBN) yang terus menurun baik dalam mata uang rupiah maupun valas dan incoming bid cukup tinggi di setiap lelang.

"Aliran modal asing [juga] mulai masuk kembali meski masih cukup rendah," kata Sri Mulyani, Rabu (2/9/2020).

Sri Mulyani menambahkan bahwa penurunan yield SBN didukung oleh perbankan domestik serta didorong lemahnya pertumbuhan kredit dan kebijakan penurunan GWM.

Di sisi lain, sentimen positif dari hasil riset beberapa perusahaan farmasi global sudah memasuki tahap akhir pengembangan vaksin Covid-19.

Tren pembalikan di pasar keuangan ini, menurut Sri Mulyani juga bisa dilihat dari surat berharga negara (SBN) dan yield obligasi menurun dibawah posisi awal tahun, meskipun kepemilikan asing belum pulih.

Selain itu, burden sharing dan koordinasi moneter - fiskal turut berkontribusi terhadap sentimen positif di pasar SBN. "Tingkat suku bunga SBN 10 Tahun 2021 diestimasi sekitar 7,29 persen," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal asing surat utang negara sri mulyani nilai tukar rupiah
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top