Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Semester I/2020 Kinerja IPC Hanya Turun 10,5 Persen

Pelindo II atau IPC mengaku masih bersyukur kendati kinerja semester I/2020 hanya turun 10,5 persen pada saat sektor transportasi lain bisa mengalami nasib lebih parah.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 Agustus 2020  |  14:08 WIB
Foto aerial pelabuhan peti kemas Koja di Jakarta. (25/12/2019). Bisnis - Himawan L Nugraha
Foto aerial pelabuhan peti kemas Koja di Jakarta. (25/12/2019). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC masih bersyukur hingga Juli 2020 kinerjanya hanya turun hingga 10,5 persen sebagai dampak pandemi Covid-19. Pasalnya, industri transportasi lain bahkan ada yang menyisakan aktivitas bisnis 10,5 persen.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengatakan terkait trafik sampai Juli 2020 bahwa khususnya di Pelindo II arus barang secara total hanya turun sampai 10,5 persen.

"Di Industri pelabuhan alhamdulillah masih bersyukur. Proporsi dari penurunan tersebut internasional lebih besar yaitu 11,2 persen sedangkan domestik hanya 9,2 persen. Jadi secara umum menggambarkan aktivitas perekonomian masih berjalan cukup kondusif," katanya dalam RDP Komisi V DPR, Selasa (25/8/2020).

Di sisi lain, dia mengatakan terkait dengan pelaksanaan bongkar muat di lingkungan pelabuhan, pihaknya berkolaborasi bersama dengan Pelindo dan Pengusaha Bongkar Muat (PBM) swasta.

"Kami sampaikan khusus Pelindo II di Tanjung Priok saja kami dari total aktivitas bongkar muat konvensional, sekitar 70 persen lebih dikerjasamakan dengan PBM," terangnya.

Dia menegaskan di lingkungan Pelindo II khususnya Pelabuhan Tanjung Priok sudah sangat kondusif. Pasalnya, terdapat dua jenis aktivitas bongkar muat, yakni yang dikelola IPC secara khusus dan diberikan kepada swasta untuk aktivitas yang masih konvensional.

"Dedicated dilakukan operator, oleh operator, konvensional bisa angkutan laut, BUP, bisa pelayaran, Tanjung Priok 70 persen dikerjasamakan dengan PBM. Menurut kami ini sudah kondusif, mencerminkan kegotongroyongan dengan APBMI," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pelindo ii
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top