Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Long Weekend, Rapid Test di Stasiun Kereta Api Melonjak

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadinya lonjakan pengguna layanan rapid test sejalan dengan pelanggan kereta api pada periode panjang akhir pekan libur Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam .
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  14:25 WIB
Salah seorang penumpang kereta api sedang melakukan rapid test di Stasiun Tawang Kota Semarang, Jawa Tengah pada Kamis 30 Juli 2020. - Bisns/Alif Nazzala Rizqi
Salah seorang penumpang kereta api sedang melakukan rapid test di Stasiun Tawang Kota Semarang, Jawa Tengah pada Kamis 30 Juli 2020. - Bisns/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadinya lonjakan pengguna layanan rapid test sejalan dengan pelanggan kereta api pada periode panjang akhir pekan libur Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan KAI telah memberikan layanan rapid test dengan tarif terjangkau Rp85.000 di 14 stasiun juga membantu memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan kereta api.

“Pada masa liburan kemarin, rata-rata jumlah peserta rapid test per hari adalah 3.500 peserta per hari, naik 94 persen dari periode sebelumnya sebanyak rata-rata 1.800 peserta per hari,”jelasnya, Senin (24/8/2020).

Sementara itu dari sisi penumpang, pada periode 14 Agustus hingga 23 Agustus 2020 tersebut, KAI melayani 656.950 pelanggan KA jarak jauh dan KA lokal, naik 40 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya yaitu 469.926 pelanggan pada keberangkatan 4 Agustus hingga 13 Agustus 2020.

Di masa libur panjang akhir pekan kemarin, KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp) menjadi KA paling favorit masyarakat dengan melayani 13.992 pelanggan. Adapun 23 Agustus adalah tanggal favorit keberangkatan pelanggan dengan total 83.137 pelanggan yang KAI layani pada tanggal tersebut. Beberapa kota yang paling diminati pelanggan pada musim libur ini adalah Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Purwokerto.

“Sejak KA Jarak Jauh dioperasikan kembali secara reguler pada 12 Juni lalu, jumlah pelanggan KA terus tumbuh dari waktu ke waktu. Pada saat awal dioperasikan, KAI hanya melayani rata-rata 23.000 pelanggan per hari pada Juni. Pada Agustus jumlahnya meningkat 143 persen menjadi rata-rata 56.000 pelanggan per hari,” kata Joni.

Peningkatan tersebut karena adanya penambahan KA yang dioperasikan menyesuaikan dengan tumbuhnya animo masyarakat dalam menggunakan kereta api. KAI juga memberikan berbagai promo berupa diskon tarif tiket KA dan undian berhadiah untuk menarik minat masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api kereta api indonesia rapid test
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top