Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puncak Arus Balik Senin (24/8), 9.011 orang Masuk Jakarta

Adapun mayoritas KA tersebut adalah kereta yang berangkat pada tanggal 23 Agustus 2020 dari sejumlah wilayah di luar area Daop 1 seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  00:30 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta memprediksi kedatangan dengan jumlah penumpang tertinggi pada Senin besok (24/8/2020), setelah masa akhir pekan panjang yang bebarengan dengan libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

“Saat ini prediksi kedatangan penumpang tertinggi di area Daop 1 Jakarta terjadi pada tanggal 24 Agustus 2020, yakni sebesar 9.011 penumpang,” kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dikutip dari Antara, Minggu (23/8/2020).

Adapun mayoritas KA tersebut adalah kereta yang berangkat pada tanggal 23 Agustus 2020 dari sejumlah wilayah di luar area Daop 1 seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Eva mengemukakan mulai terlihat adanya arus kedatangan penumpang kereta api (KA) di stasiun area PT KAI Daop 1 Jakarta. Ia menyebut ada peningkatan sekitar 88 persen jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu.

Pada Sabtu, Minggu dan Senin (22-24 Agustus) di area PT KAI Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 19.857 penumpang KA Jarak Jauh yang turun di area Daop 1 Jakarta, baik di Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi, Jatinegara, Gambir dan Pasarsenen. Sebaliknya, akhir pekan lalu (15,16,17 Agustus 2020) total kedatangan penumpang sebanyak 10.586 penumpang.

Untuk jumlah KA yang datang ke area Daop 1 Jakarta terdapat 39 KA antara lain 21 KA ke Stasiun Gambir dan 18 KA yang tiba di Pasar Senen.

Eva memastikan bahwa pengguna KA yg tiba adalah penumpang yang sudah mengikuti persyaratan protocol kesehatan misalnya melampirkan surat keterangan rapid test dan pengecekan suhu tubuh normal yang dilakukan secara berkala sejak dari stasiun keberangkatan baik dari area Jawa Timur, Jawa Tengah atau jarak menengah lainnya seperti Bandung dan Cirebon.

Hal tersebut diakuinya merupakan prosedur operasi standar yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA semua stasiun.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan Covid 19, para pengguna tetap diwajibkan menggunakan pelindung muka saat tiba di stasiun tujuan, dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang.

Sebagai antisipasi, setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu-waktu ditemukan penumpang yang memiliki suhu tubuh 37,3 atau lebih.

Selanjutnya, penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

Tak hanya itu, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top