Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tertinggi Sejak Pandemi, Bandara Adi Soemarmo Catat 1.700 Penumpang per Hari

Kemarin dalam satu hari jumlah penumpang mencapai 1.700 orang. Padahal selama pandemi Covid-19 paling tinggi jumlah penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 1.300 per hari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Agustus 2020  |  22:15 WIB
Bongkar muat bagasi di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah. - Bisnis/Abdullah Azzam
Bongkar muat bagasi di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah. - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Adi Soemarmo Surakarta mencatatkan kenaikan jumlah penumpang hingga 1.700 orang per hari selama libur panjang bersamaan dengan perayaan Tahun Baru 1442 Hijriah.

“Kemarin dalam satu hari jumlah penumpang mencapai 1.700 orang. Padahal selama pandemi Covid-19 paling tinggi jumlah penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 1.300 per hari,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan di Solo, Jumat (21/8/2020).

Dia mengatakan untuk jumlah penumpang pada Kamis (20/8) juga masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan hari Senin (17/8) di mana juga merupakan hari libur nasional. “Pada hari itu jumlah penumpang sebanyak 1.300 orang,” katanya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, selama pandemi Covid-19 jumlah penumpang setiap harinya rata-rata sekitar 800-900 orang. Meski demikian, menurut dia, untuk jumlah penerbangan tidak ada kenaikan, yaitu tetap 14 penerbangan/hari.

“Kalau untuk hari ini tadi juga 14 penerbangan, yaitu tujuh datang dan tujuh berangkat. Jumlah penumpang sekitar 1.000 orang,” katanya.

Yani Ajat memprediksi lonjakan penumpang juga akan terjadi pada hari Minggu (23/8) di mana terjadi arus balik liburan.

“Kalau memang lonjakan penumpang kemarin merupakan pekerja dari Jakarta, ada kemungkinan hari Minggu besok jumlah penumpang tidak jauh beda, atau mungkin juga Senin pagi,” katanya.

Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan melalui Bandara Adi Soemarmo yaitu Solo-Cengkareng, Solo-Halim Perdanakusuma, Solo-Denpasar, dan Solo-Pontianak. “Untuk maskapainya di antaranya ada Lion Air, Citilink, dan Nam Air,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara jawa tengah Liburan
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top