Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Carrie Lam : Indonesia Mitra Strategis Hong Kong

Bagi Indonesia, Hong Kong merupakan mitra dagang terbesar ke-19. Pada semester I/2020, Hong Kong menempati urutan ketiga terbesar investor asing senilai US$1,8 miliar. Bersama China, total investasi Hong Kong di Indonesia mencapai US$4,2 miliar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  06:03 WIB
Webinar
Webinar "Riding Ups and Downs: Hong Kong-Indonesia Partnership" yang diselenggarakan KJRI Hong Kong dan pemerintah Hong Kong. (ANTARA/HO-KJRI Hong Kong - mii)

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam menyatakan Indonesia merupakan salah satu mitra strategis perdagangan Hong Kong.

Di mata pemimpin perempuan tersebut, Indonesia sangat penting bagi Hong Kong.

"Ke depan, peningkatan perekonomian dan perdagangan di bidang ekonomi digital, inovasi, dan teknologi perlu diintensifkan dengan pola kemitraan baru sesuai dengan perkembangan," katanya saat berbicara dalam webinar "Riding Ups and Downs: Hong Kong-Indonesia Partnership", dikutip dari Antara, Kamis (20/8/2020).

Webinar yang dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar dan Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Ricky Suhendar diikuti 1.000 peserta tersebut. Dalam acara itu, Carrie juga mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan ke-75 untuk Indonesia.

Sementara itu, Wamenlu Mahendra menekankan tiga hal utama sebagai fokus kerja sama Indonesia dengan Hong Kong, yakni intensifikasi kerja sama perdagangan, pemanfaatan peluang yang belum tergarap, dan penguatan dukungan pemerintah dalam bentuk insentif bagi dunia usaha.

"Saya mengundang seluruh sektor usaha Hong Kong dan China mengambil peluang kerja sama perekonomian, perdagangan, dan investasi dengan Indonesia. Pemerintah berkomitmen kuat untuk menciptakan iklim ramah investasi melalui reformasi hukum dan penyederhanaan birokrasi," ujarnya.

Bagi Indonesia, Hong Kong merupakan mitra dagang terbesar ke-19. Pada semester I/2020, Hong Kong menempati urutan ketiga terbesar investor asing senilai US$1,8 miliar. Bersama China, total investasi Hong Kong di Indonesia mencapai US$4,2 miliar.

Capaian tersebut merupakan cerminan dari total aliran investasi Hong Kong dan China yang dalam beberapa tahun terakhir selalu masuk dalam lima besar investor asing di Indonesia.

"Catatan tersebut sekaligus menegaskan bahwa hubungan baik perekonomian antara Indonesia dan Hong Kong serta Tiongkok tetap terjalin baik kendati di masa pandemi," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan kementerian perdagangan hong kong

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top