Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RAPBN 2021: Anggaran Kementerian Luhut Ditambah, Ini Rinciannya!

Berdasarkan Buku III Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga untuk Tahun Anggaran 2021, sebanyak 19,48 persen untuk belanja pegawai dan 14,14 persen untuk belanja barang.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  17:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mendapat tambahan anggaran sebesar Rp314,6 miliar pada RAPBN 2021. Nilai tersebut naik Rp55 miliar dari anggaran 2020.

Berdasarkan Buku III Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga untuk Tahun Anggaran 2021, sebanyak 19,48 persen untuk belanja pegawai dan 14,14 persen untuk belanja barang.

Kenaikan tersebut disebabkan adanya kenaikan tunjangan kinerja pegawai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta untuk pelaksanaan kegiatan KTT Archipelagic and Islands States (AIS) dan Dukungan Extractive Industries and Transparency Initiatives (EITI).

Pada 2021, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) akan melaksanakan kegiatan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian kebijakan pembangunan Kemaritiman dan Investasi.

Sejumlah pelaksanaan tersebut memiliki sejumlah tujuan, pertama mengakselerasi pencapaian sasaran dan target yang tercantum dalam RPJMN 2020 – 2024 dan RKP 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian yang dikoordinasikan pada 7 (tujuh) Prioritas Nasional.

Kedua, pengawalan Program Prioritas dan Proyek Prioritas Strategis ( Major Project ) tahun 2021 yang dikoordinasikan Kementerian Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi sebanyak 30 dari 41 Major Projects yang dicanangkan.

Ketiga, kegiatan yang langsung mendukung langsung pencapaian IKU Strategis Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam Renstra Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi 2020 – 2024.

Keempat, melaksanakan arahan atau Direktif Presiden untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan RAPBN 2021 Nota Keuangan 2021
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top