Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga Satu Langkah Mendukung Infrastruktur IKN

PT Jasa Marga secara konkret mendukung rencana pemindahan ibu kota yang baru ke Kalimantan Timur dengan terus membangun jalan tol di wilayah tersebut.
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  00:44 WIB
Jalan tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantajn Timur. - Jasa Marga
Jalan tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantajn Timur. - Jasa Marga

Bisnis.com, BALIKPAPAN – PT Jasa Marga melakukan satu langkah dukungan terhadap rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur dengan melakukan kajian pembangunan sebelum megaproyek tersebut berjalan.

Sesuai dengan penuturan Presiden Joko Widodo pada pengumuman rencana pemindahan IKN tahun lalu, proses pemindahan akan dimulai pada 2024.

Projects Manager Seksi II PT Jasamarga Balikpapan–Samarinda, Usodo, menyebutkan pihaknya saat ini masih fokus di jalan tol Balsam khususnya dalam perampungan tol seksi 1 dan 5, bagian jalan dengan dukungan anggaran pemerintah.

"Kalau untuk wacana pemindahan IKN ke lokasi yang ditunjuk oleh Presiden, Jasa Marga juga mendapat tugas untuk mengkaji aksebilitas jalan tol menuju ke lokasi rencana IKN," jelasnya pada Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan 2020.

Kajian tersebut dilakukan oleh konsultan akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Saat ini proses berjalan dimulai Juli lalu. Kajian hingga rampung dilakukan selama 4 bulan. "Soal dukungan, satu tahap telah dilaksanakan," sebutnya.

Adapun kajian itu terkait kelayakan teknis, keuangan, dan ekonomi serta analisis risiko lingkungan terhadap suatu kegiatan pengembangan. Kemudian basic design dan kerangka acuan Amdal-nya. "Itu bagian dari komitmen dukungan kami," ucap Usodo.

Hasil laporan dari kajian tersebut nantinya diserahkan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).serta ke PT Jasa Marga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top