Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN UIP Kalbagtim Tingkatkan Keandalan Sistem Kalimantan Timur

PLM sedang menerjakan sejumlah proyek di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai langkah mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah tersebut.
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  00:31 WIB
Kalimantan Timur, lokasi ibu kota negfara yang baru./Bisnis.com - Syahruddin
Kalimantan Timur, lokasi ibu kota negfara yang baru./Bisnis.com - Syahruddin

Bisnis.com, TENGGARONG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah kerjanya. Ada beberapa proyek yang dikerjakan.

Manajer PLN UPP Kitring Kalbagtim 3, Muchamad Subchan Fuad, mengatakan bahwa ada tiga proyek pembangkit yang menjadi pengembangan tahun ini. Lokasinya terdapat di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Dia menambahkan terdapat pula 14 section proyek transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV di Kaltim dan Kaltara serta pembangunan empat gardu induk yang sedang dalam proses konstruksi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

“Terdapat empat jalur transmisi yang menjadi prioritas dalam penyelesaiannya tahun ini. Salah satunya kami selesaikan dan telah berhasil dilakukan uji pemberian tegangan yaitu SUTT 150 kV Embalut-New Samarinda,” katanya saat ditemui di PLTGU Tanjung Batu, Tenggarong, Kaltim, pada Rabu (12/8/2020).

Pembangunan SUTT 150 kV erat hubungannya dengan pengadaan tanah, Fuad menjelaskan bahwa secara keseluruhan proyek prioritas tersebut sudah mencapai 80 persen dalam hal pengadaan lahan, sehingga progres konstruksi pun dapat segera dipacu.

Tantangan lainnya juga datang dari pandemi covid-19 yang sedang melanda secara ekonomi dan sosial saat ini, tetapi dengan kerja keras dan semangat bersama PLN yang didukung oleh Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat, optimis, pembangunan infrastruktur ini dapat terselesaikan.

Hal ini dibuktikan Juli lalu PLN berhasil memberi tenaga pada gardu induk New Samarinda. Penyelesaian infrastruktur tersebut guna meningkatkan kehandalan sistem Interkoneksi Mahakam.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh stakeholder PLN dan seluruh masyarakat yang membantu kami dalam membangun kelistrikan di Kaltim. Kami mohon dukungannya selalu,” kata Fuad.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top