Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rencana IKN Harus Jamin Pembangunan Infrastruktur yang Baik

Pemerintah merencanakan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Warga Kaltim berharap hal itu didukung oleh pembangunan infrastruktur yang baik.
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Tim Jelajah Infrastruktur Kalimantan - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  23:28 WIB
Rencana IKN Harus Jamin Pembangunan Infrastruktur yang Baik
Kalimantan Timur, lokasi ibu kota negara yang baru./Bisnis.com - Syahruddin
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA – Dukungan penuh jelas diberikan warga Kalimantan Timur dalam rencana pemindahan ibu kota negara (IKN). Tentu dalam perencanaan harus terjamin dengan pembangunan infrastruktur yang baik.

Seperti akses antarwilayah di tiap daerah yang ada di Kalimantan, khususnya Benua Etam, julukan Kalimantan Timur.

"Itu yang kita harapkan," tegas Ketua Adat Dayak Kenyah, Esrom Palan, kepada tim jelajah infrastruktur Kalimantan 2020 pada Rabu (12/8/2020).

Saat itu ia ditemui di kediamannya. Menitipkan pesan untuk didengarkan. "Apa lagi kalau bukan pelayanan pemerintah kepada masyarakatnya," imbuhnya.

Pun dalam pembangunan itu pemerintah dinilai lebih bisa mengatur dengan baik apa kebutuhan warga, terutama dalam bentuk infrastruktur fisik.

Menurutnya, adanya jalan tol, bertambahnya jembatan dan bandar udara serta infrastruktur lainnya sudah dianggap cukup baik. Manfaat nyata yang bisa dirasakan secara merata. "Mereka harus paham dan pandai mengatur pembangunan yang diprogramkan pemerintah nantinya," kata Esrom.

Kemudian, yang tak boleh lalai dilakukan ialah turut membangun infrastruktur sumber daya manusia (SDM) seperti di sektor pendidikan dan kesehatan.

Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia. Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memenuhinya. "Agar persaingan sehat tumbuh. Jadi generasi muda di Kaltim mampu bersaing juga dengan saudara yang lainnya," tuturnya.

Dia mengingatkan perlunya pembangunan nanti bisa saling dirasa. Apalagi, kata Esrom, pembangunan secara bersama-sama akan lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Infrastruktur Kalimantan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top