Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menhub Budi Karya : Tahun Ini Masa Suram Industri Transportasi

Aktivitas moda udara masih cukup moderat tumbuh pada kuartal I/2020 dan pada kuartal II/2020 menurun tajam hingga 90 persen.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  10:10 WIB
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-75 RI, Indonesia menghadapi potensi resesi dan kasus positif corona yang terus menanjak. Tahun ini menjadi masa suram sektor transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa menjelang HUT RI tahun ini, kondisi negara cukup memprihatinkan karena tekanan dari sisi ekonomi dan kesehatan.

"Kami prihatin dengan adanya wabah pandemi yang mengkhawatirkan kumulatif kasus positif belum capai titik puncak dan terus menanjak.  Pada saat yang sama Indonesia menghadapi potensi resesi akibat produksi dan konsumsi agregat yang sama-sama anjlok nyaris di semua sektor ekonomi," jelasnya dalam webinar Masyarakat Transportasi Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Menurut Budi, pandemi menyebabkan masa suram bagi sejumlah industri termasuk sektor transportasi. Sektor transportasi dan logistik paling dalam mengalami masalah dan menghasilkan pertumbuhan ekonomi minus.

Dia juga menyoroti adanya ketakutan penumpang terhadap aktivitas transportasi sehingga terjadi pembatasan penumpang domestik dan internasional. Akibatnya, aktivitas transportasi pun turut menurun kinerjanya.

“Harus diakui transportasi menghadapi situasi yang sangat parah, 30 persen proyeksi turun pendapatan, udara bisa lebih dari 50 persen, ini bisa jadi ancaman bankrut," katanya.

Menhub mencontohkan aktivitas moda udara masih cukup moderat tumbuh pada kuartal I/2020 dan pada kuartal II/2020 menurun tajam hingga 90 persen, dan diharapkan pada kuartal III/2020 kinerjanya menjadi lebih baik.

"Terganggunya sistem transportasi beri kejutan di sektor logistik yang basisnya transportasi, pemberhentian sebagian operasional penerbangan, biaya kargo naik tinggi sehingga mengakibatkan terganggunya ekosistem logistik," tutur Budi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi Budi Karya Sumadi
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top