Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPJSTKU : Cara Registrasi dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

BPJSTKU merupakan aplikasi resmi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang diperkenalkan sejak 2018. Melalui aplikasi ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengecek saldo jaminan hari tua (JHT).
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  12:52 WIB
Aplikasi BPJSTKU dibekali dengan sejumlah fitur, termasuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru dan pengecekan saldo bagi penerima upah, bukan penerima upah, dan PMI yang telah ikut serta dalam program ini.  - BPJS
Aplikasi BPJSTKU dibekali dengan sejumlah fitur, termasuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru dan pengecekan saldo bagi penerima upah, bukan penerima upah, dan PMI yang telah ikut serta dalam program ini. - BPJS

Bisnis.com, JAKARTA-BPJSTKU merupakan aplikasi resmi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, badan hukum yang bertugas memberi jaminan kehidupan bagi pekerja Indonesia, yang diperkenalkan sejak 2018. Melalui aplikasi ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengecek saldo jaminan hari tua (JHT).

Besaran saldo yang diterima para peserta merupakan akumulasi dari iuran setiap bulan dengan hasil pengembangan dana yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan. Akumulasi dana tersebut bisa ditarik oleh peserta ketika mencapai usia pensiun atau berhenti bekerja, meninggal dunia atau mengalami cacat total.

Besaran iuran sendiri bervariasi tergantung jenis peserta. Untuk pekerja penerima upah, besaran iuran adalah 5,7 persen dari upah bulanan yang dilaporkan yang mana 3,7 persennya ditanggung oleh perusahaan.

Sementara untuk pekerja mandiri atau bukan penerima upah, besaran iuran adalah 2 persen dari upah yang dilaporkan. Iuran bagi pekerja migran Indonesia (PMI) pun dipatok di kisaran Rp105.000-Rp600.000 per bulannya.

Aplikasi BPJSTKU dibekali dengan sejumlah fitur, termasuk pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota baru dan pengecekan saldo bagi penerima upah, bukan penerima upah, dan PMI yang telah ikut serta dalam program ini.

Selain itu, aplikasi BPJSTKU juga menyajikan simulasi penghitungan JHT, informasi kantor cabang, pelaporan kecelakaan kerja, dan informasi terkini soal BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi peserta yang telah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan, peserta hanya perlu melakukan registrasi pada aplikasi BPJSTKU yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Berikut langkahnya:

1. Unduh aplikasi BPJSTKU yang tersedia bagi pengguna Android maupun iOS.
2. Buka aplikasi BPJSTKU dan pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”
3. Pilih jenis kepesertaan Anda, misalnya PENERIMA UPAH
4. Masukkan data yang diminta, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor KTP
5. Masukkan nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan
6. Masukkan alamat e-mail aktif untuk keperluan verifikasi, masukkan kode yang diterima
7. Masukkan nomor ponsel aktif untuk keperluan verifikasi selanjutnya
8. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS dan buat password untuk akun BPJSTKU

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui BPJSTKU

1. Masuk ke aplikasi BPJSTKU
2. Masukkan alamat e-mail dan kata sandi yang dibuat dalam proses sebelumnya untuk proses log in
3. Setelah berhasil log in, pilih fitur “LIHAT SALDO”
4. Jumlah saldo akan terlihat, rincian dari riwayat iuran bisa pula dicek

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jht bpjs ketenagakerjaan Klaim JHT
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top