Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Iduladha Pergerakan Penumpang di Bandara Meningkat, Juanda Paling Banyak

Di Bandara Juanda Surabaya, terjadi peningkatan jumlah penumpang harian sekitar 11.000 lebih penumpang perharinya, dibandingkan dengan hari biasa yang hanya mencapai 5.000 penumpang perharinya.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 02 Agustus 2020  |  10:25 WIB
Suasana terminal keberangkatan domestik 1B Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Zabur Karuru
Suasana terminal keberangkatan domestik 1B Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan penumpang di bandara meningkat selama Iduladha, Bandara Internasional Juanda jadi paling tinggi penambahan penumpangnya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan berdasarkan pantauan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sejumlah penumpang transportasi umum mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari biasa.

"Kami meminta kepada para operator transportasi dan penumpang agar tetap disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 pada transportasi umum,” kata Adita, Minggu (2/8/2020).

Berdasarkan pantauan, peningkatan jumlah penumpang terjadi di Bandara Soekarno Hatta sekitar 16 persen di bandingkan hari biasa. Pada Kamis (30/7/2020) menjadi puncak pergerakan penumpang yaitu mencapai 37.000 lebih penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang pesawat perharinya di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) juga diikuti dengan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 13 persen, yaitu sebanyak 460 lebih pergerakan pesawat perhari.

Selain di Bandara Soetta, peningkatan jumlah penumpang harian juga terjadi di Bandara Juanda Surabaya dan Yogyakarta (YIA).

Di Bandara Juanda Surabaya, Kemenhub mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang harian sekitar 11.000 lebih penumpang perharinya, dibandingkan dengan hari biasa yang hanya mencapai 5.000 penumpang perharinya.

Sementara itu, di Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA), juga mengalami peningkatan sekitar 31 persen di banding hari biasa, dengan jumlah penumpang perharinya mencapai 3.600 lebih penumpang, baik yang tiba maupun yang berangkat dari YIA.

Pergerakan penumpang transportasi umum pada masa Libur Idul Adha di sejumlah simpul transportasi terutama bandara terpantau meningkat dibandingkan dengan hari biasa masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya Kemenhub telah memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang pada hari Raya Qurban tersebut karena jatuh pada Jumat (31/7/2020), yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan (long weekend).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara juanda bandara udara iduladha
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top