Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akhir 2020, Pelindo 1 Optimistis Arus Barang Tumbuh Tipis

Pelindo 1 optimistis arus barang masih tumbuh tipis hingga 1,56 persen hingga akhir 2020 seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (new normal).
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  14:07 WIB
Suasana bongkar muat kapal kontainer di Terminal Multiguna Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Kamis (27/12). PT Pelabuhan Indonesia I melepas kargo ekspor  perdana di terminal tersebut dengan kapal Wan Hai 505, membawa 180 TEUs kargo ekspor tujuan China. - Bisnis/Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat kapal kontainer di Terminal Multiguna Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Kamis (27/12). PT Pelabuhan Indonesia I melepas kargo ekspor perdana di terminal tersebut dengan kapal Wan Hai 505, membawa 180 TEUs kargo ekspor tujuan China. - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 masih optimistis kinerja arus barang masih tumbuh tipis 1,56 persen pada akhir 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 Imron Eryandy mengatakan pada semester II/2020 perseroan menargetkan adanya pertumbuhan arus barang dan penumpang seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru. Adapun, target ini juga dianggap masuk akal dengan adanya komitmen pemerintah dalam implementasi penanganan Covid-19 serta upaya penanganan pemulihan ekonomi nasional.

"Secara total [year-on-year/yoy] pertumbuhan arus barang sampai dengan Desember 2020 diproyeksikan naik 1,56 persen dari 2019 yaitu 37,4 juta ton dari 36,8 juta ton pada 2019," jelasnya kepada Bisnis.com, Kamis (23/7/2020).

Dia menegaskan guna mendukung pencapaian target tersebut, sejumlah program strategis telah disiapkan mendongkrak arus barang dan penumpang yang juga diharapkan dapat memberikan pertumbuhan bagi ekonomi di wilayah operasional Pelindo 1.

Upaya tersebut dilakukan melalui relaksasi penumpukan di terminal pelabuhan yang dapat menurunkan biaya logistik. Kebijakan tersebut diharapkan membantu meringankan beban pelanggan.

"Program lainnya dilakukan melalui peningkatan kerjasama dengan mitra untuk memperluas pasar Pelindo 1, secara khusus di wilayah kerja Pelindo 1 merupakan wilayah dengan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri [TUKS] dan Terminal Khusus [Tersus] terbesar di Indonesia," katanya.

Selain itu, Pelindo 1 juga memanfaatkan kerjasama dalam bongkar muat curah kering, cair dan general cargo dengan mitra baru dalam menambah pertumbuhan arus barang Pelindo 1.

Dia mencontohkan kerjasama mitra pemanfaatan dan pengoperasian Terminal Curah Kering di Pelabuhan Belawan. Program untuk peningkatan arus penumpang dilakukan dengan kerjasama terpadu antara Pelindo 1, DAMRI dan Pelni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan logistik pt pelindo i
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top