Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

JR Connexion Rute Sentul City - Blok M Kembali Beroperasi

Kepala BPTJ Polana Banguningsih Pramesti mengungkapkan rute tersebut dilakukan oleh Perum PPD sebagai operator mengoperasikan 3 unit bus besar dengan titik keberangkatan dari Terminal Sentul City tepatnya di depan Masjid Besar Jabal Nur.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  12:00 WIB
Ilustrasi - Warga melintas di Terminal Bus Manggarai, Jakarta, Rabu (12/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi - Warga melintas di Terminal Bus Manggarai, Jakarta, Rabu (12/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan Uji Coba Layanan Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) rute Sentul City – Blok M, Jakarta, mulai Kamis (23/7/2020).

Kepala BPTJ Polana Banguningsih Pramesti mengungkapkan rute tersebut dilakukan oleh Perum PPD sebagai operator mengoperasikan 3 unit bus besar dengan titik keberangkatan dari Terminal Sentul City tepatnya di depan Masjid Besar Jabal Nur.

Nantinya, bus beroperasi pada pukul 05.30 WIB, 06.00 WIB dan 09.00 WIB. Sementara untuk rute sebaliknya, bus beroperasi pada pukul 17.00 WIB, 17.30 WIB dan 20.00 WIB dengan titik keberangkatan dari Pasar Raya Blok M.

"Masyarakat Sentul dan sekitarnya dapat memanfaatkan layanan ini dengan tarif promo sebesar Rp25.000," jelasnya, Jumat (24/7/2020).

Polana menyebut pengoperasian layanan JR Connexion merupakan bagian dari program BPTJ dalam meningkatkan moda share angkutan umum massal sebagaimana tertuang dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

Sesuai target RITJ, salah satu Indikator Kinerja Utama BPTJ adalah pencapaian moda share angkutan umum massal sebesar 60 persen pada 2029.

Guna mencapai target tersebut, layanan JR Connexion menjadi salah satu bentuk inovasi untuk melayani penumpang dari kantong-kantong demand seperti permukiman menuju pusat perkotaan.

Menurutnya, meningkatkan ketersediaan layanan moda saja tidak cukup untuk mendorong masyarakat agar berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

Lebih dari itu yang terpenting adalah bagaimana menumbuhkan kepercayaan publik bahwa angkutan umum massal adalah pilihan terbaik dan dapat diandalkan untuk aktivitas komuter.

"Untuk itu kuncinya adalah pelayanan, jika masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik, dengan sendirinya masyarakat pasti akan berpindah ke angkutan umum massal." jelas Polana.

Lebih lanjut, dia mengajak agar para operator Bus JR Connexion terus berupaya dan berinovasi untuk memperbaiki layanan yang selama ini mereka lakukan.

"Bisa dimulai dengan hal-hal yang ada dalam jangkauan seperti kebersihan moda, sopan santun dan kepedulian awak kepada penumpang serta konsistensi jadwal layanan," tuturnya.

JR Connexion rute Sentul City – Blok M ini melengkapi layanan angkutan permukiman yang telah lebih dahulu beroperasi melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, telah beroperasi layanan angkutan permukiman di wilayah Kabupaten Bogor dengan rute meliputi Permukinan Legenda Wisata Cibubur – Kawasan Thamrin dan Kawasan Q Big Mall BSD City.

Permukinan Citra Grand Cibubur – FX Senayan dan Plaza Gajah Mada, Harvest City – Blok M dan ITC Mangga Dua, Perumahan Citra Indah – Grogol, Perumahan Citra Indah - Blok M dan Ratu Plaza, serta Cibinong City Mall – Plaza Senayan dan Grand Paragon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi BPTJ-Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top