Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sri Mulyani: PMI dan Harga Komoditas Naik, Indikasi Ekonomi Global Membaik

Ekonomi global mulai membaik seiring dengan peningkatan PMI dan harga komoditas.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  16:31 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan kondisi terkini perekonomian Indonesia dalam sebuah teleconference, Jumat (17/4) - Kementerian Keuangan (Screenshoot)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan kondisi terkini perekonomian Indonesia dalam sebuah teleconference, Jumat (17/4) - Kementerian Keuangan (Screenshoot)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi global mulai mengalami perbaikan setelah tekanan hebat akibat pandemi Covid-19. Hal itu ditandai dengan membaiknya Purchasing Managers' Index atau PMI dan harga komoditas.

Sri Mulyani menyampaikan aktivitas ekonomi global terus menunjukkan perbaikan, meski masih di level kontraksi. Pada Juni, PMI global mencapai level 47,8, membaik dari bulan sebelumnya 42,4.

Level PMI di bawah 50 belum menunjukkan adanya ekspansi. Namun demikian, PMI global membaik dari level terendahnya pada April 2020 di posisi 39,6.

"Pada Juni mulai terlihat ada tanda-tanda pembalikan, PMI di beberapa negara bahkan sudah di atas 50, berarti menunjukkan ada pembalikan. Indonesia masih di bawah 50, tapi dilihat bentuknya sudah terjadi turn around," ujarnya, Senin (20/7/2020).

Menurut Sri Mulyani, data PMI beberapa negara telah menunjukkan aktivitas manufaktur telah kembali pada pertumbuhan positif pada Juni 2020. PMI Manufaktur Indonesia pun sudah meninggalkan titik terendahnya.

Pertanda pemulihan ekonomi juga tergambar dalam kenaikan harga komoditas. Harga minyak misalnya, saat ini sudah stabil di US$40 per barel.

Selain itu, harga komoditas andalan ekspor Indonesia di pasar global harganya juga membaik, seperti minyak sawit mentah (CPO), batu bara, dan tembaga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komoditas Pertumbuhan Ekonomi sri mulyani
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top