Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PBB: Akibat Covid-19, Kemajuan Ekonomi Dunia Mundur Puluhan Tahun

Antonio Guterres, Sekjen PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa),  memperingatkan bahwa pandemi Virus Corona (Covid-19)  kemungkinan akan membuat dunia mundur "bertahun-tahun bahkan puluhan tahun" dalam hal kemajuan ekonomi.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  06:52 WIB
Loading the player ...
Antonio Guterres, Sekjen PBB (Perserikatan Bangsa/Bangsa), dalam keterangan resminya. Video: Youtube United Nations

Bisnis.com, JAKARTA - Antonio Guterres, Sekjen PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa),  memperingatkan bahwa pandemi Virus Corona (Covid-19)  kemungkinan akan membuat dunia mundur "bertahun-tahun bahkan puluhan tahun" dalam hal kemajuan ekonomi.

"Kita mengalami penurunan pendapatan per kapita yang paling tajam sejak 1870," katanya seperti dikutip Aljazeera.com, Rabu (15/7/2020).

Dia juga menambahkan bahwa antara 70 dan 100 juta diperkirakan akan masuk ke dalam kelompok kemiskinan ekstrem.

Bahkan sekitar 265 juta orang dapat menghadapi kerawanan pangan akut pada akhir tahun ini, katanya.

Karena itu Guterres menyerukan dilakukannya kebijaakan yang multilateralisme, inklusif, berjejaring, dan efektif untuk menangani krisis tersebut.

WHO juga mengingatkan pandemi ini bisa menjadi jauh lebih buruk jika negara-negara di seluruh dunia tidak mengikuti tindakan pencegahan kesehatan dasar. Salah satunya mewajibkan warga negara untuk memakai masker.

"Virus ini tetap menjadi musuh publik nomor satu," menurut pernyataan WHO saat dilakukan pengarahan virtual dari kantor pusatnya di Jenewa.

WHO mengingatkan lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis terpapar Covid-19, sedangkan sebanyak 7,3 juta orang telah pulih.

Sebanyak 573.000 orang meninggal, menurutke data dari Universitas Johns Hopkins. AS, Brasil, Inggris, Meksiko, dan Italia mencatat angka kematian terbanyak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbb covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top