Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Beroperasi Akhir 2021

Secara keseluruhan jalan tol Pekanbaru—Padang akan ditargetkan beroperasi pada 2025.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  06:00 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) di sela-sela peresmian pembangunan jalan tol Padang-Sicincin, di Jalan Bypass Kilometer 0, Padang, Sumatra Barat, Jumat (9/2/2018). - Setkab/Anggun
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) di sela-sela peresmian pembangunan jalan tol Padang-Sicincin, di Jalan Bypass Kilometer 0, Padang, Sumatra Barat, Jumat (9/2/2018). - Setkab/Anggun

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan jalan tol Padang—Sicincin sepanjang 30,40 kilometer beroperasi pada Desember 2021.

Jalan tol tersebut menjadi bagian dari jalan tol Pekanbaru—Padang sepanjang 254 kilometer.

Pembangunan ruas tol Padang—Sicincin dimulai pada Februari 2018. Saat ini progres fisiknya mencapai 20,49 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya pertanian, industri dan pariwisata.

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas,” ujarnya dikutip dari laman kementerian tersebut, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, cepat lambatnya pembangunan jalan tol ini semua tergantung pada tahapan pembebasan lahan berupa ganti untung pembebasan lahan.

“Konstruksi bisa lebih cepat bila lahan tersedia, dengan begitu program kerja bisa dilaksanakan sebaik–baiknya demi kesejahteraan masyarakat,” tutur Basuki.

Pembangunan jalan tol Pekanbaru—Padang terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi 1 Padang—Sicincin, Seksi 2 Sicincin—Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi—Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh—Pangkalan, Seksi V Pangkalan—Bangkinang, dan Seksi 6 Bangkinang—Pekanbaru. Secara keseluruhan jalan tol Pekanbaru—Padang akan ditargetkan beroperasi pada 2025.

Dari sisi Pekanbaru telah dimulai pembangunan ruas tol Pekanbaru—Bangkinang sepanjang 40 kilometer dengan progres fisik saat ini mencapai 20 persen.

Pembangunan jalan tol Pekanbaru—Padang senilai Rp78 trilun dilaksanakan oleh PT Hutama Karya melalui perjanjian pengusahaan jalan tol yang ditandatangani pada 11 Oktober 2017.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jalan tol padang-pekanbaru
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top