Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KKP Lepasliarkan Dua "Fosil Hidup" Terjaring Nelayan

KKP melepasliarkan dua ekor belangkas (Horseshoe crabs) sebagai bentuk pelestarian satwa yang dilindungi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 04 Juli 2020  |  17:51 WIB
Ilustrasi belangkas Horseshoe crab / Dok. en.wikipedia.org
Ilustrasi belangkas Horseshoe crab / Dok. en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepasliarkan dua ekor belangkas (Horseshoe crabs) yang tertangkap oleh jaring nelayan setempat.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Tb Haeru Rahayu mengatakan upaya ini dilakukan bersama dengan TNI AL dan Kelompok Konservasi Pasar Sorkam. Pelepasliaran tersebut dilakukan pada Jumat (3/7/2020) di wilayah perairan Pasar Sorkam, Tapanuli Tengah.

“Pelepasliaran ini merupakan upaya untuk melestarikan satwa yang dilindungi berdasarkan peraturan perundang-undangan. Belangkas ini merupakan salah satu kekayaan hayati Indonesia yang jumlahnya semakin berkurang karena banyak diburu," kata Tb dalam siaran pers, Sabtu (4/7/2020).

Dia menambahkan penyelamatan Belangkas tersebut tidak lepas dari sinergi yang baik antara masyarakat dan aparat di lapangan. Koordinasi dilakukan dengan baik dan cepat, sehingga Belangkas tetap hidup untuk kemudian dilepasliarkan.

Pihaknya memberikan apresiasi, khususnya kepada Kelompok Konservasi Pasar Sorkam yang segera melakukan penanganan awal dan melaporkan adanya Belangkas yang tertangkap oleh jaring nelayan.

Belangkas atau mimi merupakan salah satu satwa dilindungi yang memiliki bentuk yang unik, sekilas tubuhnya terlihat seperti ikan pari dengan kulit yang kaku dan keras. Bentuk tubuh bagian depannya juga dianggap mirip dengan tapal kuda sehingga dikenal juga sebagai Horseshoe crabs atau kepiting tapal kuda.

Belangkas ini hidup di perairan dangkal, yaitu kawasan payau dan mangrove. Hewan ini sering disebut fosil hidup, karena telah ada di bumi hampir 200 juta tahun sebelum munculnya dinosaurus.

Belangkas juga diyakini sebagai satu-satunya wakil dari kelompok Xiphosurida yang masih bertahan hidup di bumi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan kkp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top