Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PMI Manufaktur Juni Naik, Kebijakan Industri Diklaim Sudah Tepat

Menperin Agus menilai kenaikan PMI Manufaktur Indonesia pada Juni menunjukkan kebijakan sektor industri yang diambil pemerintah sudah tepat.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Istimewa/Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Istimewa/Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis kenaikan Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia menjadi 39,1 pada Juni 2020 merupakan tanda mulai pulihnya sektor industri manufaktur nasional.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan lonjakan indeks tersebut juga mendorong peningkatan kepercayaan sektor industri manufaktur terhadap berbagai langkah strategis yang dijalankan oleh pemerintah dalam upaya memacu roda perekonomian.

“Hal terpenting selain naiknya indeksi PMI pada Juni 2020 adalah meningkatnya tingkat kepercayaan pelaku industri manufaktur. Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam era new normal sudah on the track,” kata Agus dalam siaran pers, Sabtu (4/7/2020).

Dia menuturkan berdasarkan data yang dikeluarkan IHS Markit, indeks output masa depan, tolok ukur, dan sentimen bisnis melonjak ke angka 73 persen pada bulan keenam. Angka ini merupakan yang tertinggi selama lima bulan terakhir.

Pihaknya menuturkan capaian ini menjadi bekal pemerintah untuk terus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat terus mendorong aktivitas sektor industri manufaktur pada era new normal. Namun demikian, hal utama yang harus diantisipasi adalah pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III dan IV 2020.

Menurutnya, periode tersebut sangat penting, sehingga semua pihak harus bisa mengantisipasi dengan baik, karena menentukan performa ekonomi nasional pada 2021.

Agus menjelaskan sektor industri merupakan kontributor terbesar terhadap PDB nasional. Hal ini terlihat dari sumbangishnya terhadap perekonomian pada triwulan I/2020 sebesar 19,98 persen.

“Untuk mempertahankan kinerja sektor manufaktur, kami mendukung industri tetap beroperasi, dengan mengurus Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri [IOMKI] serta mematuhi aturan protokol kesehatan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper