Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Snapcart : Shopee Paling Diingat, Tokopedia Disukai Laki-laki

Survei Snapcart selama Ramadan dan masa pandemi Covid-19 menunjukkan Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat (top of mind) konsumen. Adapun situs lain seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak cenderung disukai kaum laki-laki konsumen.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  19:10 WIB
Di saat kebijakan physical distancing telah diberlakukan, masyarakat mencari opsi lain yang lebih aman bagi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dari rumah. - Shopee
Di saat kebijakan physical distancing telah diberlakukan, masyarakat mencari opsi lain yang lebih aman bagi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dari rumah. - Shopee

Bisnis.com, JAKARTA – Survei Snapcart selama Ramadan dan masa pandemi Covid-19 menunjukkan Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat (top of mind) konsumen. Adapun situs lain seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak cenderung disukai kaum laki-laki konsumen.

Direktur Snapcart Astrid Wiliandry mengatakan masyarakat mencari opsi lain yang lebih aman bagi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan dari rumah di saat kebijakan physical distancing diberlakukan. Berbelanja online semakin menjadi pilihan utama konsumen.

"Masyarakat menempatkan Shopee sebagai situs yang paling diminati berbelanja saat Ramadan yang bertepatan dengan pandemi Covid-19 karena banyak faktor," kata Wiliandry dalam keterangan tertulis, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya, Shopee menjadi lebih unggul karena ragam produk yang lebih menarik dan tawaran harga yang lebih kompetitif. Selain itu, Shopee juga terus melengkapi platformnya dengan fitur yang memperpanjang time spent dan engagement di dalam aplikasinya – menjadikan daya tarik tersendiri untuk para penggunanya.

Snapcart melakukan riset dengan melibatkan 1.000 responden survei dari seluruh Indonesia selama Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2020. Hasilnya, 66% memilih Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat. Khusus di Jabodetabek, Shopee mengumpulkan angka 58%, adapun di luar Jabodetabek meraih 72%.

Adapun situs berikutnya yang paling diingat aadalah Tokopedia (16%), diikuti Lazada (12%), Bukalapak (4%), dan berikutnya Blibli, JD.ID, Akulaku, OLX, dan Sociolla.

Hasil riset Snapcart juga menempatkan Shopee sebagai situs belanja online paling sering digunakan berbelanja (66%), termasuk di Jabodetabek (59%), dan luar Jabodetabek (72%).

Situs berikutnya adalah Tokopedia (15%), Lazada (12%), dan Bukalapak (5%), disusul JD.ID, Blibli, Zalora, Sorabel, Berrybenka, Qoo10, dan Zilingo.

Dari perspektif gender, perempuan cenderung memilih Shopee sebagai sarana berbelanja (77%). Ini berkebalikan dengan situs lain yang cenderung lebih disukai laki-laki, yakni Tokopedia (22%),Lazada (14%), dan Bukalapak (9%)

Adapun berdasarkan kelompok umur, Shopee paling banyak disukai di kelompok umur konsumen 19-24 tahun (72%), Tokopedia yang lebih disukai kalangan 35 tahun keatas (24%), Lazada lebih disukai kelompok umur kurang 19 tahun (14%), dan Bukalapak lebih disukai oleh kelompok umur 35 tahun keatas (10%).

“Shopee menjadi pilihan utama bagi kelompok umur muda yaitu usia 19-24 tahun dan 25-30 tahun, kami menilai fitur-fitur Shopee lebih interaktif dan selalu ada tema baru pada setiap momentum,” ujar Astrid.

Selama Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19, semua situs belanja online menambah berbagai fitur baru, aplikasi jualan baru, dan menawarkan program serta gimmick baru.

Sebanyak sepuluh fitur di Shopee ternyata menempati daftar teratas fitur dan aplikasi belanja online yang paling dikenal konsumen.

“Kreativitas membuat fitur baru penting dalam membangun komunikasi dengan konsumen online agar mereka tidak mudah bosan dan terus ada yang baru dan menarik. Shopee berhasil membuktikan bahwa semakin banyak fitur baru dan beragam semakin meningkatkan banyak pilihan konsumen berbelanja,” ujar Wiliandry.

Fitur Belanja Paling Dikenal

- Shopee Tanam (71%)
- Goyang Shopee (64%)
- Shopee Tangkap (57%)
- Shopee Serba 10 Ribu (56%)
- Shopee Lempar (51%)
- Shopee Capit (50%)
- Shopee Lucky Prize (48%)
- Shopee Joged (47%)
- Shopeepoly (34%)
- Shopee Liga 1 (30%)
- Tap Tap Mantap (Lucky Egg) Tokopedia (28%)
- Serbu Seru Bukalapak (26%)
- Share & Win Shopee (19%)
- Lazada LazCity (13%)
- Daily Giftbox Bukalapak (12%)
- Lazada Voucher Rain (11%)
- TopQuest Tokopedia (11%)
- Lazada Moji Go (9%)
- Lazada Guest It (8%)
- Ball Pop Tokopedia (8%).

Selain itu, penawaran diskon belanja masih menjadi yang paling disukai, baik dalam bentuk cashback atau hadiah belanja. "Para millenial menyukai fitur-fitur berbentuk flash games karena lebih interaktif,” ungkap Wiliandry.

Fitur dan Program Gimmick Paling Disukai

- Shopee Tanam (49%)
- Goyang Shopee (10%)
- Shopee Serba 10 Ribu (6%)
- Tap Tap Mantap (Lucky Egg) Tokopedia (6%)
- Shopee Tangkap (5%)
- Serbu Seru Bukalapak (4%)
- Shopee Lucky Prize (3%)
- Shopee Capit (2%)
- Shopee Lempar (2%)
- Lazada Voucher Rain (2%)
- Lazada LazCity (2%)
- Shopee Joged (2%)
- Shopee Liga 1 (1%)
- Shopeepoly (1%)
- Daily Giftbox Bukalapak (1%)
- Lazada Guest It (1%)
- Lazada Moji Go (1%)
- TopQuest dari Tokopedia (1%).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online Virus Corona
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top