Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terdampak Pandemi Covid-19, Operasional Terminal di Bandara Soekarno-Hatta Hanya Sebagian

Angkasa Pura II saat ini menerapkan pola operasi minimum, menyesuaikan dengan arus penerbangan yang ada.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  22:51 WIB
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero), pengelola Bandara Soekarno Hatta menyatakan pelayanan penerbangan hanya akan dibuka di sebagian terminal selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Pelayanan penerbangan tersedia di Terminal 2D, Terminal 2E, dan Terminal 3. Sementara itu, Terminal 1A, Terminal 1B, Terminal 1C, dan Terminal 2 F untuk sementara tidak dioperasikan.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan memiliki tiga pertimbangan dengan hanya membuka sebagian terminal untuk pelayanan penerbangan. Dia menyebut, Angkasa Pura II menyesuaikan pola operasional di tengah pandemi agar lebih efektif. Perseroan menerapkan pola operasi minimum seiring dengan lalu lintas penerbangan yang ada.

Awaluddin mengatakan, Saat ini, keseluruhan kapasitas terminal di Soekarno-Hatta baik terminal 1, 2 dan 3 dapat menampung hingga sekitar 45 juta penumpang per tahun.

"Kemudian, kami melakukan penyesuaian pola operasional agar Soekarno-Hatta dapat beroperasi secara efektif. Penyesuaian pola operasional dilakukan dengan menutup Terminal 1 dan Terminal 2F," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

Sementara itu Terminal 2D dan 2E serta Terminal 3 dinilai yang paling mampu mengakomodir arus penumpang dengan dinamika prosedur keberangkatan dan kedatangan di tengah pandemi. Seluruh penerbangan dioperasikan Terminal 2D & 2E serta Terminal 3 agar bisa siaga 24 jam,.

Muhammad Awaluddin menuturkan penutupan Terminal 1 dan 2F bersifat sementara (temporer) dan sewaktu-waktu dapat dibuka kembali sesuai dengan perkembangan kondisi terkait pandemi Covid-19.

Kemudian, pertimbangan terakhir penutupan Terminal 1 dan 2F dilakukan dalam rangka percepatan program revitalisasi gedung terminal yang saat ini masih berlangsung di Terminal 1C dan Terminal 2F.

Saat ini maskapai yang beroperasi di Soekarno-Hatta diantaranya:

  • -Terminal 2D: Citilink, Sriwijaya, Airfast, Trigana Air, NAM Air, Express Air
  • -Terminal 2E: AirAsia Indonesia (akan beroperasi 19 Juni 2020), Batik Air dan Lion Air
  • - Terminal 3: Garuda Indonesia (domestik & internasional), Cathay Pacific, Ethiopian Airlines, All Nippon Airlines, Japan Airlines, Lion Air (internasional), Korean Air, Qatar Airways, Thai Lion, Singapore Airlines.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii bandara soekarno hatta
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top