Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Soal Pertumbuhan Ekonomi, Apindo Nilai Perlu Waktu Lebih Untuk Pemulihan

Pemulihan ekonomi diprediksi masih sulit dilakukan dalam waktu dekat akibat penangangan Covid-19 yang dinilai belum maksimal.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  20:13 WIB
Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani menjawab pertanyaan wartawan seusai memberikan keterangan pers, Kamis (12/3/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani menjawab pertanyaan wartawan seusai memberikan keterangan pers, Kamis (12/3/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai diperlukan waktu lebih untuk melakukan pemulihan ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi kuartal II/2020 yang diestimasikan anjlok hingga -3,1 persen.

"Pemulihan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV/2020 tergantung kepada aktivitas ekonomi dan kepercayaan diri masyarakat. Kalau masyarakat sudah confident, pemulihan akan berlangsung cepat. Tapi kalau masyarakat masih takut bisa repot," kata Hariyadi kepada Bisnis, Selasa (16/6/2020).

Pemulihan ekonomi, lanjutnya, masih sulit dilakukan dalam waktu dekat akibat penangangan Covid-19 yang dinilai belum maksimal, terutama jika mengacu kepada jumlah kasus yang terus mengalami kenaikan.

Dia mengatakan, terdapat dua hal yang kemungkinan dapat memulihkan perekonomian; pertama terjadinya imunitas massal di mana masyarakat menjadi 'kebal' terhadap Covid-19; kedua, dapat dikendalikannya tingkat kematian akibat virus corona.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Eka Sastra mengatakan pelaku usaha masih menahan diri untuk melakukan ekspansi bisnis dan mencoba meningkatkan efisiensi serta memanfaatkan peluang yang tersisa.

Pihak pelaku usaha, jelasnya, mencoba memanfaatkan dukungan dan fasilitas yang diberikan pemerintah, seperti penundaan pembayaran, insentif perpajakan, dan lain-lain untuk menjaga situasi bisnis.

"Harapan kami, pelaku usaha dapat melewati situasi ini dengan baik dan bersiap melakukan pemulihan pascacorona," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi apindo
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top