Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI Raih Opini WTP untuk Laporan Keuangan 2019

Hal ini tidak terlepas dari upaya BI dalam mewujudkan tata kelola yang baik dalam mendukung pelaksanaan tugas BI sebagaimana diamanatkan Undang-Undang
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  12:35 WIB
Karyawan melintas didekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan melintas didekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia (BI) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan opini WTP telah dicapai BI selama 17 tahun terakhir secara berturut-turut.

"Hal ini tidak terlepas dari upaya kami dalam mewujudkan tata kelola yang baik dalam mendukung pelaksanaan tugas BI sebagaimana diamanatkan Undang-Undang," ucapnya seperti dikutip dalam siaran pers sekaligus peluncuran buku Laporan Tahunan Bank Indonesia (LTBI) 2019 secara digital, Selasa (26/05/2020).

Dia menuturkan tema LTBI 2019, yakni "Sinergi, Transformasi, dan Inovasi Menuju Indonesia Maju”. Menurutnya, sinergi, transformasi, dan inovasi adalah kunci untuk memperkuat ketahanan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia menuju Indonesia maju.

Sinergi dalam arti BI akan terus melakukan sinergi yang kuat dengan Pemerintah, otoritas terkait, dunia usaha, dan berbagai pihak.

"BI akan berkoordinasi pihak lain untuk mendorong ekonomi Indonesia, termasuk mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional," imbuhnya.

Sementara itu, dia mengungkapkan transformasi berarti BI mendukung kebijakan-kebijakan transformasi dan reformasi struktural yang dilakukan oleh pemerintah dalam memajukan produktivitas dan sumber daya manusia.

Transformasi juga dilakukan di BI baik melalui bauran kebijakan BI, organisasi yang lebih kuat, dan SDM yang lebih profesional.

Terakhir, Onny mengatakan inovasi diperlukan dalam menuju Indonesia Maju ke depan, terutama inovasi di bidang digital.

"BI telah meluncurkan dan melaksanakan digitalisasi sistem pembayaran di dalam mendukung integrasi ekonomi keuangan digital ke depan," jelasnya.

LTBI 2019 merupakan laporan tahunan yang memaparkan berbagai kebijakan dan capaian yang telah diraih BI sebagai perwujudan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas BI sepanjang tahun 2019.

LTBI 2019 sekaligus memuat Laporan Keuangan Tahunan Bank Indonesia sebagai komitmen BI untuk menjunjung tinggi tata kelola baik di dalam kebijakan maupun kelembagaan termasuk keuangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia bpk laporan keuangan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top