Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penumpukan Penumpang di Tiga Stasiun, KCI Beberkan Alasannya

KCI menyebut penumpukan penumpang di gerbang masuk Stasiun Angke, Citayam, dan Karet diakibatkan oleh penumpang yang tiba lebih awal sebelum waktu operasional.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  19:10 WIB
Antrean calon penumpang KRL commuter sebelum memasuki stasiun Depok Lama di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020). Penumpukan calon penumpang ini disebabkan aturan physical distancing di dalam stasiun dan gerbong kereta, serta pembatasan jam operasional kereta akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI. Bisnis - Arief Hermawan P
Antrean calon penumpang KRL commuter sebelum memasuki stasiun Depok Lama di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020). Penumpukan calon penumpang ini disebabkan aturan physical distancing di dalam stasiun dan gerbong kereta, serta pembatasan jam operasional kereta akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyebut penumpukan penumpang di gerbang masuk Stasiun Angke, Citayam, dan Karet diakibatkan oleh penumpang yang tiba satu hingga dua jam lebih awal sebelum waktu beroperasionalnya pada sore hari pukul 16.00 WIB.

Direktur Teknis KCI Saridal mengklaim penumpukan tidak terlampau banyak dan lebih dikarenakan masyarakat musiman yang belum mengetahui jam operasional selama Idulfitri. Namun, keramaian diupayakan terurai dengan membuka pintu stasiun yang jumlahnya dibatasi.

"Itu jumlahnya sedikit hanya warga musiman yang belum tahu informasi. Pintu dibuka langsung naik. Tinggal pemda / satpol PP bergerak," jelasnya, Minggu (24/5/2020).

Sementara, VP Corporate Communications KCI Anne Purba mengatakan saat stasiun kembali dibuka, terlihat antrean pembelian tiket yang berlangsung selama 15 hingga 20 menit. Pengguna selanjutnya diatur menuju ke peron dengan tertib sesuai batasan jumlah pengguna yang dimungkinkan. 

"Kami juga menjalankan dua rangkaian kereta tambahan yaitu KA 1786 relasi Angke - Bogor berangkat pukul 16.40 WIB dan KA 1790 relasi Manggarai - Bogor yang berangkat pukul 17.39 WIB. Dua kereta tambahan ini melengkapi 172 jadwal perjalanan KA yang dioperasikan untuk sore hari ini," ujarnya.

Dalam mengantisipasi kepadatan pengguna, KCI memberlakukan sistem penyekatan pengguna sejak dari gate hingga masuk ke peron agar physical distancing di peron dan di dalam KRL terjaga. Selain itu di seluruh kereta juga telah dilengkapi dengan marka untuk menandai posisi pengguna dapat duduk dan berdiri.

Pihaknya kembali mengimbau para pengguna bahwa KRL hanya untuk melayani kebutuhan mendesak terutama mereka yang masih harus bekerja di saat lebaran ini. Para pengguna juga diimbau untuk tidak membawa anak-anak naik KRL.

Selanjutnya, tidak perlu juga terburu-terburu dan memaksakan diri untuk naik ke dalam kereta yang telah penuh karena frekuensi perjalanan KRL masih cukup banyak dan selama telah berada di peron pasti dapat dilayani untuk naik ke KRL. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top