Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akibat Pandemi Covid-19, Program Sejuta Rumah Pasang Target Konservatif

Pandemi Covid-19 cukup berpengaruh pada pelaksanaan Program Sejuta Rumah di lapangan. Ditjen Perumahan Kementerian PUPR telah menyusun pedoman bagi para pekerja untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan perumahan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 21 Mei 2020  |  11:07 WIB
Foto aerial kompleks perumahan bersubsidi di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (31/1/2020). - Antara/Nova Wahyudi
Foto aerial kompleks perumahan bersubsidi di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (31/1/2020). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat seluruh upaya pengembangan terganggu, termasuk pelaksanaan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pandemi Covid-19 cukup berpengaruh pada pelaksanaan Program Sejuta Rumah di lapangan. Meskipun demikian, pihaknya telah menyusun pedoman bagi para pekerja untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan di lapangan.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, per 11 Mei 2020, Program Sejuta Rumah telah mencapai angka 215.662 unit.

Adapun, persentase capaian Program Sejuta Rumah masih diprioritaskan untuk pembangunan rumah masyarakat berpenghasilan rendah yakni 79 persen.

Sementara, realisasi pembangunan rumah dari kementerian/lembaga di luar Kementerian PUPR sebanyak 50.863 unit, Pemerintah Daerah sebanyak 1.521 unit, dan rumah tapak yang dibangun oleh pengembang sebanyak 116.933 unit.

Sedangkan pembangunan rumah untuk non-MBR mencapai 21 persen yang berasal dari pembangunan rumah tapak oleh pengembang sebanyak 42.884 unit dan rumah susun sebanyak 3.461 unit.

“Total capaian pembangunan rumah untuk MBR sebanyak 169.317 unit dan rumah untuk non-MBR sebanyak 46.345 unit,” ujar Khalawi melalui siaran pers, Kamis (21/5/2020).

Khalawi menerangkan, pelaksanaan pengerjaan pembangunan di lapangan selama pandemi Covid-19 dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dan berdasarkan Surat Edaran Dirjen Perumahan No.03/SE/Dr/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Pada Direktorat Teknis di Lingkungan Jenderal Perumahan Selama Masa Pandemi Covid-19.

“Kami tetap mengupayakan agar di akhir tahun capaian Program Sejuta Rumah bisa menembus 1 juta unit. Sedangkan, target konservatif keseluruhan hingga akhir tahun sebesar 900.000 unit mengingat adanya pandemi Covid-19,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mbr program sejuta rumah
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top