Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saat Pandemi, Pembeli Properti Punya Kesempatan Nego Besar

Masa pandemi membuat pengembang harus berupaya ekstra menarik pembeli. Kondisi ini membuat posisi pembeli untuk bernegosiasi lebih kuat.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  19:55 WIB
Foto udara perumahan di kawasan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Bisnis - Rachman
Foto udara perumahan di kawasan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Masa pandemi membuat pengembang harus berupaya ekstra menarik pembeli. Kondisi ini membuat posisi pembeli untuk bernegosiasi lebih kuat.

Konsultan properti Colliers International Indonesia memberikan rekomendasi baik bagi pengembang, pemilik properti, maupun calon konsumen untuk jangka pendek.

"Saat ini membuka kesempatan bagi calon konsumen untuk melakukan negosiasi lebih besar," ungkap Lenny van Es-Sinaga Senior Associate Director, Residential Services Colliers Imterationals Indonesia melalui laporan tertulis, Senin (18/5/2020).

Pihaknya merekomendasikan bagi pemilik atau pengembang properti untuk lebih fleksibel memberikan skema pembayaran selama masa pandemi. Sementara itu, bagi pemilik apartemen, pastikan pada landlord bahwa lingkungan propertinya aman dan sehat.

Selanjutnya, bagi pemilik properti yanh disewakan, fokus pada aturan-aturan sewa yang sudah dibuat. Pasalnya, para pengisi properti sewa akan memikirkan kembali apakah akan memperpanjang atau menghentikan sewanya pada masa sulit ini, terutama bagi mereka yang masa sewanya segera habis.

"Selain negosiasi cara bayar, pengisi properti juga bisa bernegosiasi terkait aturan-aturan yang berlaku terkait sewa, seperti memperpendek jangka waktu sewa," imbuh Lenny.

Para penyewa properti diharapkan bisa mengkomunikasikan kesulitan yang dihadapi kepada pengembang atau pemilik properti. Pasalnya, pada masa pandemi ini kedua belah pihak sama-sama terdampak, sehingga perlu solusi yang bisa saling menguntungkan.

"Penyewa atau pembeli hunian yang tengah menyicil juga bisa meminta perubahan aturan pembayaran atau keringanan, pengembang dan pemilik properti sendiri juga harus fleksibel terkait hal ini," sambung Lenny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top