Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Gabah Anjlok, Nilai Tukar Petani Turun 1,73 Persen

Penurunan NTP yang cukup dalam terjadi di hampir seluruh subsektor baik tanaman pangan, hortikultura, tanaman perkebunan rakyat, peternakan dan perikanan.
Petani membajak sawah. - Antara
Petani membajak sawah. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) nasional pada April 2020 sebesar Rp100,32 atau turun 1,73 persen dibandingkan dengan NTP bulan sebelumnya.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan penurunan NTP yang cukup dalam terjadi di hampir seluruh subsektor baik tanaman pangan, hortikultura, tanaman perkebunan rakyat, peternakan dan perikanan. Adapun, penurunan NTP tanaman pangan mengalami penurunan 1,45 persen disebabkan oleh  indeks harga yang diterima petani mengalami penurunan, sementara indeks harga yang dibayar mengalami kenaikan.

“Penurunan indeks harga yang diterima petani lebih disebabkan oleh harga gabah yang turun karena saat ini sedang memasuki panen raya," kata Suhariyanto Senin, (4/5/2020).

Sementara itu, subsektor tanaman perkebunan tercatat mengalami penurunan paling dalam sebesar 2,48 persen. Dia menjelaskan penurunan ini dipicu oleh penurunan harga komoditas perkebunan seperti karet, kelapa, sawit, kopi, dan cengkeh.

"Pola pada semua subsektor kurang lebih sama, karena indeks yang diterima petani mengalami penurunan akibat harga komoditas yang menurun," lanjutnya.

NTP pada subsektor peternakan pun mengalami penurunan sebesar 1,76 persen, subsektor hortikultura turun 1,18 persen. Sementara itu, Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) pun secara umum memperlihatkan penurunan pada April dibandingkan bulan sebelumnya yakni sebesar 1,72 persen dari 102,9 pada Maret menjadi 101,13.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper