Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peralihan Ke Online Tak Signifikan Bagi Peritel Modern

Strategi peralihan penjualan dari offline ke online oleh pelaku usaha ritel modern rupanya belum terlalu signifikan mendongkrak volume penjualan dan pendapatan.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 22 April 2020  |  15:40 WIB
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Peralihan penjualan ke model daring menjadi salah satu solusi bagi para peritel modern di tengah disrupsi ekonomi digital dan juga pandemi corona.

Namun, pada praktiknya, strategi itu belum terlalu signifikan mendongkrak penjualan para peritel modern. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey.

Dia mengatakan kendati sejumlah peritel saat ini memiliki toko daring, namun penjualan dari jalur tersebut hanya menyumbang atau berkontribusi pada pendapatan perusahaan sekitar 15 persen dari total pendapatan.

“Bagi peritel yang sebelumnya mengandalkan penjualan secara fisik. pendapatan dari online store belum mampu secara signifikan menggantikan penjualan secara offline,” ujarnya, Rabu (22/4/2020).

Alhasil, menurutnya saat ini para peritel sedang mengalami tekanan yang cukup besar akibat adanya wabah corona. Peritel di luar toko kelontong, pasar swalayan dan toserba, hamper semuanya mengalami tekanan yang cukup besar.

Untuk itu dia meminta adanya relaksasi seperti keringanan pembayaran pajak serta stimulus fiskal untuk perdagangan besar dan perdagangan eceran dari pemerintah.

Di sisi lain, akibat adanya wabah corona, membuat ekspansi dari peritel modern terhambat pada tahun ini. Dia memperkirakan, pada tahun ini realisasi ekspansi dari pengusaha ritel hanya mencapai 10 hingga 20 persen dari target yag ditentukan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online aprindo ritel modern
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top