Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penularan Corona di Ruas Tol, Ini Langkah Hutama Karya

Hutama Karya juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi petugas tol dalam bekerja.
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) melakukan beberapa upaya untuk menekan laju penularan virus corona atau Covid-19.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J. Aries Dewantoro mengatakan menutup sementara fasilitas top-up tunai dan mobile reader (MR) serta melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh gerbang tol pada cabang tol yang dioperasikannya.

“Kami di Hutama Karya bersama-sama rapatkan barisan untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini, salah satunya dengan semaksimal mungkin melakukan berbagai tindakan pencegahan di berbagai ruas tol yang kami kelola,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (16/4/2020).

Adapun, penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh gerbang tol pada cabang tol yang dioperasikan Hutama Karya antara lain tol Medan-Binjai (Mebi), tol Palembang-Indralaya (Palindra), tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), dan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Sumatra, serta tol Akses Tanjung Priok (ATP) dan tol JORR seksi S (JORR-S) di Jakarta.

Sebelumya, Hutama Karya cabang tol JORR-S berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan truk water cannon di sepanjang tol JORR-S. Hal serupa juga telah dilakukan di pintu masuk dan Rest Area Km215 tol Terpeka.

Cabang tol Hutama Karya lainnya yaitu cabang tol ATP menggandeng Patroli Jalan Raya (PJR) III dan PT Jasamarga Toll Road Operator (JMTO) melaksanakan simulasi kecelakaan lalu lintas dengan penanganan yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan di KM 54.100 A ruas tol JORR.

Sementara, di cabang tol Bakter, Hutama Karya juga berinisiatif menyediakan ruang isolasi sementara di Kantor Gerbang Tol (GT) Natar. Alasannya, lokasi gerbang tol ini dekat dengan Rumah Sakit Medika dari Natar.

Pada cabang tol Palindra, Hutama Karya melakukan pengecekan suhu pengguna jalan dan penyemprotan disinfektan, khususnya kendaraan yang berasal dari luar kota atau kendaraan yang tidak berpelat BG.

Setelah diterapkannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta, Hutama Karya cabang tol JORR bersama dengan PJR juga aktif mengawasi penerapaan PSBB dengan membuat check point yang berlokasi di Gerbang Tol (GT) Pasar Rebo mulai Jum’at (10/4/2020) untuk memastikan penerapan PSBB di tol JORR-S berjalan dengan efektif.

Lebih lanjut, Aries juga memastikan Hutama Karya menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi petugas tol dalam bekerja, mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh setiap pergantian shift, dan penyediaan hand sanitizer di beberapa titik pada seluruh kantor cabang dan gerbang tol, hingga memastikan implementasi physical distancing.

“Kami berharap agar kita semua dapat bersatu memerangi virus corona ini, serta mengimbau untuk tetap Di Rumah Aja dan menunda sementara keinginan untuk mudik demi kesehatan keluarga di rumah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper