Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airlangga Hartarto: Kartu Prakerja Jadi Pertahanan Kedua Hadapi Corona

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan kartu prakerja yang diluncurkan pemerintahs saat ini menjadi pertahanan kedua dalam menghadapi dampak wabah virus Corona.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 14 April 2020  |  15:07 WIB
Airlangga Hartarto: Kartu Prakerja Jadi Pertahanan Kedua Hadapi Corona
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan sebelum memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Kebijakan Stimulus ke-2 Dampak COVID-19 tingkat menteri di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/3/2020). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan kartu prakerja yang diluncurkan pemerintahs saat ini menjadi pertahanan kedua dalam menghadapi dampak wabah virus Corona.

Kartu Prakerja kini menjadi bagian dari jaring pengaman mengantisipasi warga negara yang kehilangan pekerjaan akibat dampak wabah Corona.

"Kemarin diluncurkan kartu prakerja, ini akan jadi second line of defense. Ini atas saran Presiden dikonversi sebagai jaring pengaman kehilangan pekerjaan," ujar Airlangga, dalam raker pembahasan RUU Cipta Kerja bersama Badan Legislasi DPR RI, yang ditayangkan secara langsung oleh Sekretariat DPR, Selasa (14/4/2020).

Menurut Airlangga, konversi itu ada dalam dalam UU Cipta Kerja "sehingga nanti jaminan kehilangan kerja ke depan akan lewat mekanisme asuransi."

Airlangga menambahkan, dalam perkembangannya, belum dua hari kartu prakerja diluncurkan jumlah pengguna yang melakukan registrasi sudah mencapai 3,7 juta. Sedangkan yang sudah melalui tahap verifikasi email dan lolos batch 1 mencapai 926 ribu.

"Itu artinya masyarakat betul-betul ada dampak pada lapangan pekerjaan karena Covid. Dengan target yang ada, ini sudah masuk dalam 5 gelombang. gelombang pertama akan ada 164 ribu," ujar Airlangga.

Ditambahkan Airlangga, para pendaftar sejauh ini kebanyakan berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jateng, dan Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto kartu prakerja cipta kerja
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top