Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daerah Mulai Berlakukan PSBB, Berikut Cara Industri Aman Beroperasi

Terdapat sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi agar industri dapat tetap beroperasi di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai daerah.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 12 April 2020  |  17:04 WIB
Daerah Mulai Berlakukan PSBB, Berikut Cara Industri Aman Beroperasi
Foto udara kawasan pabrik di Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah DKI Jakarta resmi memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemerintah pusat kembali menyetujui pembelakukan kebijakan tersebut untuk daerah Bogor, Depok, dan Bekasi.

Adapun dalam kondisi terbatas tersebut, terdapat sejumlah bidang industri yang dikecualikan dari pembatasan sehingga tetap dapat melakukan kegiatan kerja secara normal. Kendati demikian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. 

Pedoman kesehatan bagi operasional pabrik sebelumnya telah disampaikan melalui Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 4/2020 tentang Pelaksanaan Operasional Pabrik Dalam Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Untuk memiliki izin operasional dan mobilitas kegiatan industri, perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri dapat mengajukan permohonan secara elektronik melalui portal SIINas [siinas.kemenperin.go.id]. 

Secara teknis, langkah pengajuan surat izin operasional meliputi pengisian formulir dengan mengakses portal SIINas. Setelah masuk ke akun SIINas, klik e-Services, pilih Izin Operasional dan mobilitas, isi form yang tampil di layar, dilanjutkan dengan klik Simpan dan setelah permohonan divalidasi oleh sistem, perusahaan dapat mencetak Surat Keterangan dengan mengklik Cetak.

Apabila terdapat ketidaksesuaian antara data yang disampaikan dengan kondisi yang sebenarnya, Kementerian Perindustrian dapat mencabut Surat Keterangan yang sudah terbit.

Adapu izin berupa surat keterangan untuk operasional dan mobilitas kegiatan industri berlaku selama masa kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19.

Nantinya dokumen izin berupa surat keterangan untuk operasional mobilitas kegiatan industri dilengkapi dengan QR Code, untuk membuktikan keabsahan dari dokumen izin tersebut dapat dilakukan dengan menscan QR Code yang terletak pada pojok kiri bawah dokumen izin. 

Perusahaan industri mengalami kendala teknis saat mengajukan permohonan perizinan kegiatan, dapat menghubungi helpdesk SIINas untuk menyampaikan permasalahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) industri Virus Corona
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top