Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-Siap, Pemerintah Siapkan Stimulus Sektor Logistik

Stimulus ini penting diberikan karena sektor logistik menjadi salah satu sektor penopang industri.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 02 April 2020  |  06:23 WIB
Petugas melakukan bongkar muat barang di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/2/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Petugas melakukan bongkar muat barang di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/2/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diketahui sedang menyiapkan stimulus jilid ketiga guna kurangi dampak penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian. Kali ini, stimulus tersebut diarahkan untuk sektor logistik.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Bambang Adi Winarso membenarkan rencana tersebut. Namun, secara detil stimulus ini masih dalam perencanaan.

"Secara prinsip stimulus ini mencakup fiskal, pembiayaan, dan perizinan [bagi sektor logistik]," jelasnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (1/4/2020).

Menurutnya, stimulus ini penting diberikan karena sektor logistik menjadi salah satu sektor penopang industri yang ke depan pasti sangat terdampak berbagai antisipasi penyebaran virus corona ini.

Di sisi lain, Staf Ahli Menteri Bidang Logistik Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan Kemenhub menyiapkan agar para pengusaha logistik ini tetap dapat beroperasi di tengah upaya pembatasan sosial skala besar (PSSB).

"Untuk angkutan barang tidak ada pembatasan, bahkan saat mudik/balik lebaran yang awalnya ada pembatasan truk sumbu tiga atau lebih, saat ini tidak ada larangan," jelasnya kepada Bisnis.com.

Selain itu, angkutan barang melalui kereta api pun akan dimaksimalkan dan dapat tetap beroperasi penuh. Bahkan, mungkin menambah volumenya mengingat berkurangnya frekuensi kereta penumpang jarak jauh.

Adapun, terkait dengan rencana karantina wilayah di Jabodetabek, dia menegaskan angkutan logistik akan menjadi salah satu kendaraan yang dikecualikan dan dapat tetap beroperasi.

"Hanya kendaraan tertentu yang diperkenankan lewat, termasuk angkutan logistik. Kendaraan petugas, ambulans, mobil dinas yang memang berdinas, angkutan ternak, mereka bebas, yang dibatasi hanya angkutan penumpang saja," paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top