Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian BUMN Kaji Opsi PMN Buat Perusahaan Pelat Merah

Sepanjang tahun ini, pos PMN dalam APBN 2020 dianggarkan senilai Rp17,73 triliun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  11:57 WIB
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis - Himawan L Nugraha
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sedang mengkaji pemberian dana penyertaan modal negara (PNM) bagi perseroan pelat merah yang terkena dampak virus corona (Covid-19).

Staf Khusus Bidang Komunikasi Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengaku sedang melakukan analisis dan kajian terkait dengan kelangsungan usaha perusahaan negara yang mengalami kesulitan di masa pandemi ini.

"Kami sedang analisis dan pasti kami memikirkan kelangsungan semua BUMN," tutur Arya, Senin (30/3/2020).

Dia menjelaskan pada akhir 2019, pemerintah telah merembuk alokasi dana PMN. Adapun sepanjang 2020, pos PMN dalam APBN 2020 dianggarkan senilai Rp17,73 triliun.

Anggaran ini akan diberikan untuk beberapa perusahaan. Dua di antaranya ialah PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendapatkan alokasi PMN terbanyak sebesar Rp5 triliun dan PT Hutama Karya direncanaka mendapat sebanyak Rp3,5 triliun.

Sebelumnya, Ketua Harian Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) Tomy Tampatty meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk membantu maskapai pelat merah ini dengan dana PMN agar kinerja tetap stabil di tengah krisis corona. Saat ini operasional Garuda diklaim berkurang pesat hingga mencapai 50 persen.

Kondisi yang telah mempengaruhi sisi pendapatan ini dikhawatirkan akan menggoncang bisnis emiten berkode GIAA tersebut. Bahkan, karyawan juga merasa was-was bila nantinya Garuda mengambil opsi pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Perasaan was-was [terhadap PHK] itu wajar. Kami memahami kondisi perusahaan akibat virus corona, tapi kami minta tak ada pengurangan karyawan," katanya, akhir pekan lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN Garuda Indonesia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top