Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenperin Usulkan Galangan Kapal Jadi Proyek Infrastruktur

Berbagai kendala industri ini untuk lebih kompetitif, jadi salah satu pertimbangan Kementerian Perindustrian mengusulkan galangan kapal jadi proyek infrastruktur.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  20:48 WIB
Ilustrasi - Industri galangan kapal - World Maritime.Com
Ilustrasi - Industri galangan kapal - World Maritime.Com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian mengusulkan industri galangan kapal menjadi bagian proyek infrastruktur guna membuat sektor padat modal ini lebih kompetitif.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan untuk mendorong efisiensi logistik manufaktur, lebih baik menjadikan industri galangan kapal menjadi salah satu proyek prioritas nasional.

Saat ini, lanjut Putu, Kementerian Perindustrian bersama pelaku usaha terkait sedang membahas usulan memasukkan industri perkapalan dan kapal sebagai bagian dari infrastruktur.

"Diharapkan dengan masuknya industri perkapalan sebagai infrastruktur ada beberapa kemudahaan dibantaranya jaminan pembiayaan untuk pembangunan kapal dengan suku bunga bank yang lebih rendah dan tenor yang sesuai untuk investasi pengadaan atau pembangunan kapal sehingga pada akhirnya nantinya dapat menurunkan biaya logistik," katanya kepada Bisnis, Kamis (26/3/2020).

Berdasarkan hasil rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Putu menjelaskan, pemerintah sepakat menindaklanjuti usulan kapal yang masuk dalam kategori infrastruktur adalah kapal jenis tertentu dan melayani rute tertentu.

Sementara itu, terkait dengan wabah Covid-19, industri maritim juga terteka karena sebagian komponen untuk pembangunan kapal dan reparasi kapal dipasok impor dari China. Demikian pula pembuatan komponen kapal sebagian bahan baku berasal dari China.

"Hal tersebut memberikan dampak pada aktivitas pembangunan dan reparasi kapal. Selain itu, himbauan pemerintah mengenai  Work From Home juga berdampak kepada perusahaan galangan kapal dalam menjalankan aktvitasnya," ujar Putu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenperin galangan kapal proyek infrastruktur
Editor : David Eka Issetiabudi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top